Menjalankan bisnis bukan perkara yang mudah. Banyak saat-saat di mana Anda akan kelimpungan sebab tugas-tugas yang harus segera diselesaikan. Padahal, sekarang tersedia banyak aplikasi bisnis yang bisa meringankan tugas-tugas tersebut.

Aplikasi-aplikasi tersebut pun selain beragam, juga bisa didapatkan tanpa biaya alias gratis. Namun, banyaknya aplikasi yang ada  di Play Store maupun App Store membuat banyak pelaku bisnis mengetahui kegunaan aplikasi-aplikasi tersebut yang bergitu membantu.

Oleh karena itu, di sini kami akan memberikan rekomendasi beberapa aplikasi bisnis yang patut Anda coba di tahun 2020 ini.

Google Keep

Banyak aplikasi untuk menulis catatan yang ada di Play Store maupun App Store. Namun, pilihan aplikasi yang sama yang mampu untuk diakses secara realtime di beberapa perangkat sekaligus masih kecil jumlahnya. Tidak seperti aplikasi menulis catatan pada umumnya, Google Keep merupakan aplikasi menulis catatan yang datanya tersimpan dalam cloud.

Anda dapat mengakses catatan tersebut melalui dekstop dengan membuka tautan keep.google.com. Adanya tautan ini memudahkan Anda untuk mencatat sesuatu ketika aktif bekerja menggunakan laptop maupun komputer.

Namun, bagaimana jika Anda tidak lagi menggunakan laptop maupun komputer? Anda masih tetap bisa  mengaksesnya dengan memasang aplikasi Google Keep di ponsel. Adanya aplikasi dalam ponsel ini akan mendekatkan Anda dengan jangkauan aplikasi menulis catatan sewaktu-waktu Anda perlu menulis ide.

Baik akses melalui laptop maupun ponsel, catatan yang tertulis akan secara otomatis tersimpan dalam cloud. Aplikasi ponsel Google Keep sendiri  sudah tersedia untuk ponsel dengan sistem Android maupun iOS.

Tidak hanya fitur untuk menulis catatan saja dalam bentuk halaman kosong dan listicle (daftar centang), Google Keep juga memiliki fitur pengingat dan label untuk membuat Anda menjadi lebih produktif.

Pocket

Apakah Anda sering menemukan artikel yang ingin Anda baca, namun pada saat Anda harus menyelesaikan tugas lainnya? Jika ya, berarti Anda membutuhkan aplikasi satu ini. Yakni, Pocket, aplikasi yang bisa  mencegah Anda untuk tidak ketinggalan berita terbaru. Aplikasi ini merupakan aplikasi penyimpan artikel sehingga Anda bisa membaca artikel secara online  lintas perangkat.

Anda bisa memasang extension Pocket di browser Google Chrome. Saat menemukan artikel yang ingin Anda baca nantinya, Anda bisa mengklik extension Pocket sehingga teks artikel tersimpan secara otomatis di akun Pocket Anda. Saat aktif melalui ponsel, Anda bisa membaca artikel yang telah tersimpan melalui aplikasi Pocket. Aplikasinya sendiri telah tersedia untuk ponsel dengan sistem Android maupun iOS.

Terlebih lagi, aplikasi Pocket ini bisa diakses melalui ebook reader Kobo, sehingga artikel tersimpan bisa juga diakses melalui perangkat Kobo Anda.

Trello

Aplikasi satu ini akan cocok dengan Anda yang menghabiskan waktu Anda untuk mengatur jalannya proyek yang melibatkan banyak orang. Trello merupakan aplikasi project management yang bisa mencatat jalannya proyek di tangan banyak orang yang menyelesaikannya.

Anda bisa membuat workload hingga mencatat informasi penting yang perlu diakses oleh orang satu tim dengan Trello. Aplikasi ini dapat diakses melalui browser dekstop, aplikasi dekstop baik untuk komputer atau laptop dengan sistem Windows atau Mac, dan aplikasi ponsel untuk ponsel dengan sistem Android maupun iOS.

Moodah

Apakah Anda sering merasa kesulitan dalam mengelola keuangan bisnis? itu bahaya loh! Karena, banyak sekali UKM yang tidak menyadari bisnisnya merugi karena tidak bisa mengelola keuangan bisnis secara tepat.

Untuk pengelolaan tersebut, Anda bisa menggunakan aplikasi Moodah. Yakni aplikasi pembukuan gratis untuk UKM cukup dari handphone saja, sehingga Anda dapat akses di mana saja dan kapan saja.

Aplikasi bisnis Moodah dapat membantu Anda dalam melakukan pencatatan transaksi keuangan bisnis, kelola hutang dan piutang, hingga membuat laporan neraca keuangan, laba rugi, dan arus kas secara otomatis dan instan.

Itu dia 4 aplikasi bisnis  yang patut Anda coba untuk tahun 2020 ini. Dengan menggunakan aplikasi yang tepat, Anda bisa meningkatkan produktivitas sehingga dapat memajukan bisnis dengan efektif dan maksimal.

Write A Comment