Di era millenials, kehadiran berbagai jenis teknologi sangat memudahkan banyak kalangan untuk melakukan sesuatu, tak terkecuali pelaku bisnis. Dengan meninggalkan cara-cara kuno, Anda bisa mengubah dan membiasakan diri dengan cara baru, yang tentunya membuat Anda lebih praktis dalam menjalankan bisnis.

Aplikasi penjualan saat ini banyak digunakan oleh pelaku bisnis retail dan juga kalangan yang berkecimpung di bidang Food and Beverage (F&B) ataupun online shop. Hadirnya sistem ini dapat human error sehingga bisnis tidak rugi, seperti kesalahan menghitung dan kehilangan catatan penjualan atau keuangannya. Berikut adalah enam aplikasi penjualan yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Simak juga: 7 Keuntungan Menggunakan Aplikasi Penjualan Online untuk Bisnis Anda

Moodah

Yang pertama adalah Moodah, aplikasi penjualan dan pembukuan yang dirancang untuk mempermudah Anda pencatatan penjualan dan keuangan Anda yang sudah digunakan lebih dari 20.000 UKM. Moodah memiliki fitur bookkeeping terpadu yang bisa membantu Anda dalam mengelola usaha Anda secara mudah. Dengan satu aplikasi, Anda memiliki akses untuk mengelola dan memantau bisnis secara real-time, lengkap dengan fitur-fiturnya seperti pencatatan transaksi penjualan, pengelolaan hutang dan piutang, dan laporan neraca keuangan, laba rugi, dan arus kas instan.

Tentu, ini akan memudahkan Anda untuk membuat satu keputusan yang tepat untuk perkembangan bisnis Anda cukup melalui handphone saja. Semua laporan penjualan dan keuangan Anda terekap otomatis, dan dapat di unduh dalam bentuk excel dan PDF. Tak perlu khawatir, Moodah gratis selamanya dan mudah untuk digunakan.

Pawoon

Salah satu sistem kasir yang cukup diketahui di kalangan retail adalah Pawoon. Pawoon benar-benar memerhatikan kebutuhan Anda untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan yang biasa terjadi pada proses pembayaran. Keunggulan aplikasi yang satu ini adalah berperan dalam kerja kasir, seperti dapat mencetak struk dan menyimpan seluruh data transaksi.

Baca juga: Contoh Laporan Penjualan Perusahaan

EQUIP POS

Meski terbilang masih pemain baru, brand yang satu ini sudah banyak digunakan di beberapa instansi. EQUIP merupakan perangkat lunak berbasis cloud yang memiliki tampilan ramah user, sehingga sangat mudah untuk dipahami pelaku bisnis.

EQUIP menawarkan Anda berbagai kemudahan dalam mengelola bisnis dari berbagai skala. Beberapa diantaranya adalah  Multi-User Management yang tidak membatasi jumlah penggunanya, serta Transaction Suspention yang memungkinkan Anda untuk melakukan penangguhan transaksi saat terjadi keadaan darurat.

Soltius

Hampir sama dengan EQUIP, Soltius juga menawarkan solusi bisnis dari berbagai skala. Fitur andalan yang diberikan Soltius adalah omnichannel management, manajemen reservasi, sampai manajemen resep untuk bisnis restoran. Selain itu, Soltius juga memberikan metode pembayaran beragam, yang tentu membuat semua proses transaksi menjadi semakin mudah.

Olsera

Olsera merupakan aplikasi penjualan yang dikenal fleksibel. Sehingga tak jarang banyak kalangan yang menggunakan aplikasi yang satu ini, seperti pemilik kafe, apotek, sampai food truck. Dengan membayar biaya langganan, Anda sudah mendapat banyak fitur yang mampu mendukung keberlangsungan bisnis Anda.

MOKA

MOKA sudah memiliki banyak pengguna, terutama untuk pelaku bisnis restoran dan retail. Sama seperti aplikasi lain, MOKA juga menawarkan berbagai kemudahan untuk bisnis Anda. Pertama, Manajemen Promo, memungkinkan Anda menggelar program-program menarik untuk menjaring konsumen.

Dari enam aplikasi penjualan yang paling banyak digunakan di atas, tentu Anda sendiri yang tahu aplikasi mana yang cocok dengan kebutuhan Anda. Kenali bisnis dan program yang Anda jalankan supaya mendapatkan pengalaman terbaik dalam mengembangkan usaha Anda menggunakan aplikasi penjualan terbaik.

Download Moodah gratis sekarang di Playstore dan Appstore Anda! www.moodah.id

Sumber Ilustrasi Foto: trubus.id

Write A Comment