Memulai bisnis rumahan saat ini menjadi tren di masyarakat. Terlebih semenjak WFH di masa pandemi ini, hal tersebut semakin berkembang di era digital yang menawarkan kemudahan. Namun, tidak jarang pula bisnis rumahan yang dirintis banyak menemukan kegagalan dan sangat sulit untuk mencapai kesuksesan. Maka dari itulah, ketika Anda ingin memulai bisnis rumahan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Bagaimanakah cara memulai bisnis rumahan? Berikut tipsnya!

Dukungan Keluarga Itu Penting

Sebagai langkah awal untuk memulai usaha rumahan adalah dengan meminta dukungan keluarga. Hal ini mengingat keluarga sebagai faktor penting dalam mendukung kegiatan bisnis nantinya. Baik itu dukungan secara materi maupun non-materi. Usaha Anda akan susah dijalankan ketika anggota keluarga tidak mendukung.

Maka, Anda pun harus membicarakannya dengan baik. Lakukanlah pendekatan dari hati ke hati agar anggota keluarga lain mengerti apa yang ingin Anda jalankan nantinya. Dukungan keluarga ini akan lebih terasa berarti ketika mereka memberikan dukungan sejak awal merintis usaha hingga sukses nanti.

Pelajari Administrasi

Selanjutnya, Anda harus mempelajari administrasi bisnis dengan baik. Mulailah dari hal sederhana sekalipun. Misalnya saja membagi modal untuk sektor apa saja, menghitung laba rugi, dan kegiatan administrasi lainnya. Tanpa adanya administrasi yang teratur, maka usaha Anda dipastikan akan mengalami kesulitan untuk berkembang.

Anda perlu mencatat semua administrasi keuangan secara tertib. Sekecil apapun nilainya tetap saja harus Anda catat jika berhubungan dengan usaha. Lalu, janganlah sesekali mencampur uang pribadi dengan uang untuk kegiatan usaha Anda.

Kegiatan administrasi atau pembukuan ini akan mudah dilaksanakan dengan menggunakan Moodah. Dengan Moodah, Anda dapat mencatat segala macam transaksi, mengelola hutang piutang, dan juga membuat laporan neraca keuangan, laba rugi, dan arus kas yang gratis selamanya.

Selalu Berpikir Positif

Sudah menjadi rahasia umum dalam berbisnis itu memiliki dua kemungkinan, yakni kemungkinan sukses atau justru gagal. Apabila Anda seorang pengusaha yang sejati, tentu tak akan takut untuk memulai hal baru dan takut gagal. Meskipun masih pemula sekali pun.

Jika sejak awal saja Anda merasa ragu dan tak yakin dengan bisnis tersebut maka dikhawatirkan bisnis rumahan yang dijalani tidak akan berjalan dengan mulus. Semakin banyak rintangan yang dihadapi oleh seorang pengusaha, maka semakin kuat pula mental seorang pengusaha. Maka dari itulah, penting bagi Anda untuk berpikir secara mendalam saat hendak memulai usaha.

Visi dan Misi Harus Jelas

Tidak hanya berpikiran positif saja, dalam memulai usaha hal penting yang harus ada ialah menentukan visi dan misi. Sekecil apapun bisnis yang dijalankan haruslah memiliki dua unsur ini. Akan tetapi, perlu diingat apabila membuat visi dan misi ini haruslah jelas dan realistis.

Dengan begitu, usaha Anda pun akan berjalan dengan baik dan dapat menentukan target secara jelas dan tepat sasaran. Mustahil bagi Anda memiliki usaha tanpa visi dan misi. Anda pun akan kesulitan untuk mencapai sebuah target yang sudah ditentukan sebelumnya.

Modal dan Keuangan Harus Dihitung Rinci

Masalah modal memang menjadi masalah tersendiri bagi sebuah bisnis rumahan. Namun, Anda juga sebaiknya jangan bermain-main dengan modal. Sebab, seseorang tak akan bisa menjalankan bisnisnya bila modalnya belum tercukupi. Oleh karena itulah, hitunglah secara cermat dan rinci apa saja yang dibutuhkan.

Misalnya mengenai berapa biaya membeli barang, bahan, maupun menyewa tempat usaha bila diperlukan. Untuk mendapatkan modal tersebut, Anda dapat meminjamnya di bank atau bisa juga dengan cara patungan bersama teman dekat atau anggota keluarga yang lain.

Baca juga: Tips Keuangan Bisnis yang Lebih Sukses pada 2020

Pilih Keunikan Tersendiri

Setelah modal dihitung secara terperinci, maka Anda haruslah menentukan produk apa yang harus dijual atau ditawarkan ke pasaran. Tidak menjadi masalah ketika Anda menjual produk yang sebelumnya ada di pasaran. Akan tetapi, buatlah produk tersebut unik dan beda dari yang lainnya.

Contohnya saja mengenai kemasan produk, nama brand, tampilan, cita rasa, dan sebagainya. Ketika Anda memilih brand, usahakan nama yang dipilih mudah diingat oleh calon konsumen. Atau Anda bisa menggunakan brand dengan istilah-istilah yang relate dengan kondisi masyarakat saat ini.

Lakukan Promosi

Tips memulai usaha yang terakhir dan penting bagi Anda yang baru merintis usaha rumahan adalah dengan melakukan promosi.  Dalam dunia bisnis apa saja, promosi adalah hal penting yang wajib dilakukan. Langkah ini dilakukan untuk memperkenalkan produk ke calon pelanggan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan promosi. Misalnya saja menentukan target promosi hingga media apa yang harus digunakan. Di era yang serba digital seperti sekarang, Anda bisa mencoba promosi dengan menggunakan media sosial, Google Adwords, atau menggunakan Facebook Ads dan sebagainya.

Demikian hal-hal yang perlu diperhatikan saat memulai bisnis rumahan bersama keluarga. Selain hal di atas, Anda dapat memanfaatkan aplikasi pembukuan Moodah untuk mengatur keuangan Anda secara gratis selamanya!

Download Moodah gratis sekarang di Playstore dan Appstore Anda! www.moodah.id

Write A Comment