Pada transaksi penjualan ada banyak hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah nota penjualan. Nota penjualan ini adalah dokumen tertulis yang dapat dijadikan sebagai bukti transaksi. Namun, bagaimana cara membuat nota penjualan yang tepat? Bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia bisnis terutama dalam jual beli pertama kali, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan berikut ini!

Jenis Nota

Setelah Anda mengetahui mengenai pengertian nota tersebut, penting pula untuk mengetahui jenis nota yang biasa digunakan dalam bisnis selain nota penjualan. Nota tersebut adalah nota debet dan nota kredit. Simak penjelasannya di bawah ini.

  • Nota Debet

Nota debet ini dikenal pula sebagai bukti dalam transaksi yang telah dubuat pihak kedua atas pengembalian sebuah barang yang dianggap rusak dan cacat. Misalnya saja Anda membeli 10 barang, akan tetapi ada tiga barang yang rusak. Maka, bila ingin mengembalikannya Anda perlu membuat nota debet tersebut.

  • Nota Kredit

Lalu, setelah produk tersebut dikembalikan dan diterima maka pihak pertama juga akan mengirimkan nota yang sama pula. Nota inilah yang disebut dengan Nota Kredit. Nota tersebut juuga bisa dijadikan bukti bila penjual telah mengganti produk yang rusak tadi.

Manfaat Nota Penjualan Bagi Bisnis Anda

Dalam sebuah bisnis, nota penjualan bukanlah sekadar bukti transaksi atau  pembayaran dari penjual kepada pembeli. Lebih dari itu, nota penjualan ini memiliki banyak manfaat yang perlu untuk Anda ketahui. Terlebih lagi dokumen ini menjadi berguna ketika perusahaan melakukan audit atau perekapan laporan keuangan secara berkala. Beberapa fungsi dan manfaat dari nota penjualan ini antara lain:

  • Anda akan mengetahui berapa banyak barang maupun produk yang dipesan maupun dikirimkan kepada konsumen.
  • Berikutnya adalah, nota penjualan dapat menjadi informasi mengenai total maupun jumlah produk apa saja dan berapa nominal yang harus dibayarkan kepada pembeli.
  • Di samping itu, fungsi dan manfaat nota penjualan ini bisa dijadikan sebagai salah satu ‘pengingat’ agar pembeli segera membayarkan tagihan jika membelinya secara kredit.
  • Di dalam laporan keuangan, nantinya nota penjualan ini masuk sebagai bukti transaksi jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Contoh Nota Penjualan Berhasil
Contoh Nota Penjualan Instan Moodah

Bagaimana Cara Membuatnya?

Cara membuat nota penjualan terdapat dua jenis. Anda dapat membuatnya secara manual atau konvensional. Yakni dengan mencatat transaksi penjualan terhadap satu atau beberapa produk dalam sebuah kertas cetak. Kertas untuk nota penjualan ini biasanya berisi barang apa yang dibeli, tanggal, harga satuan, dan harga secara keseluruhan atau total dari barang yang dibeli.

Tentu saja Anda harus menulis semua transaksi tersebut dan menghitungnya secara manual. Oleh karena itulah di sini dibutuhkan ketelitian dan kecermatan. Sebab apabila salah memasukkan nominal dari transaksi akan membuat bisnis Anda menjadi merugi. Apalagi dalam jumlah transaksi yang besar.

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan aplikasi atau software. Cara seperti ini memang memiliki keuntungan tersendiri. Misalnya saja akan lebih cepat dan mudah dalam mencatat semua proses transaksi barang yang akan dibeli oleh konsumen.

Pentingnya Nota Penjualan Digital untuk Bisnis

Seperti telah disebutkan dalam poin sebelumnya, dalam membuat nota penjualan dapat dilakukan dengan dua jenis yakni dilakukan secara manual dan dibuat dengan digital. Seiring berjalannya waktu, nota penjualan secara digital ini lebih banyak diminati oleh para pelaku bisnis di tanah air. Tentu ada alasan tersendiri mengapa perlu menggunakan nota penjualan digital ini. Alasan tersebut di antaranya adalah:

  • Nota penjualan online atau digital dapat dilakukan dengan mudah bila dibandingkan dengan manual. Anda tidak harus menghitung maupun mencatatnya secara manual sebab semua dilakukan secara otomatis.
  • Ketika semua dilakukan secara otomatis, manfaatnya adalah dapat meminimalisir kesalahan yang ada. Dengan begitu, dapat mengurangi tingkat kerugian pada bisnis yang Anda jalankan.
  • Kemudian, nota penjualan digital dapat dilacak dengan mudah tanpa harus membongkar kembali layaknya menggunakan nota kertas.
  • Meminimalisir hilangnya nota kertas, sebab dengan menggunakan nota digital akan tersimpan dalam sebuah sistem yang keamanannya terjaga dengan baik.
Contoh Pembuatan Nota Penjualan Instan Moodah

Setidaknya itulah beberapa hal-hal penting yang perlu Anda ketahui mengenai nota penjualan dalam sebuah bisnis. Jika Anda tertarik menggunakan nota penjualan digital terbaik untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih baik sesuai kebutuhan, salah satunya dapat dengan menggunakan Moodah yang gratis selamanya. Dengan Moodah, Anda bisa membagikan Nota Penjualan dan memberikan pengingat ke konsumen Anda cukup melalui Whatsapp. Moodah juga membuatkan laporan neraca keuangan, laba rugi, dan arus kas secara otomatis

Download Moodah gratis sekarang di Playstore dan Appstore Anda! www.moodah.id

Write A Comment