Bisnis fashion akhir-akhir ini menjadi sebuah bisnis yang sangat menguntungkan. Pakaian adalah sebuah kebutuhan primer sehingga banyak bisnis yang menggunakan alasan tersebut sebagai ide usaha. Di sisi lain, membangun sebuah bisnis fashion bukanlah hal yang mudah. Ada saja para pelaku bisnis dalam bidang tersebut yang gulung tikar di tengah jalan.

Meskipun demikian, ada beberapa bisnis fashion yang bisa sukses dengan memromosikan brand buatan sendiri. Lantas, bagaimana caranya bisnis fashion bisa berhasil? Artikel kali ini membahas mengenai hal tersebut. Silakan lihat ulasannya di bawah ini!

Pematangan Konsep

Konsep yang matang adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan saat ingin memulai sebuah bisnis fashion. Anda tidak boleh asal membangun sebuah bisnis usaha saja tanpa perencanaan yang mantap.

Maka dari itu, Anda harus membuat sebuah konsep yang berbeda dari yang sebelum-sebelumnya agar para target konsumen akan tertarik sehingga mereka mau membeli brand Anda. Lebih lagi, Anda bisa melakukan sebuah survei di lapangan untuk melihat konsep seperti apa yang saat ini sedang booming dan berpotensi untuk menarik banyak peminat.

Menentukan Desain

Setelah menentukan konsep pakaian yang Anda ingin tawarkan, kini saatnya bagi Anda untuk menentukan desain pakaian yang menarik dan harus memiliki ciri khas tersendiri. Hal tersebutlah yang membuat brand Anda memiliki citra yang berbeda dan unik daripada yang lainnya. Namun, Anda juga harus memikirkan biaya produksinya dengan mempertimbangkan modal yang Anda punya dengan teliti.

Di sisi lain, Anda juga harus memikirkan secara matang apakah desain yang telah Anda buat akan laku terjual di pasaran dan siapa saja target pasarnya. Hal tersebut bisa Anda lakukan dengan menggunakan hasil survei di lapangan pada tahap pematangan konsep tadi. Maka dari itu, Anda tidak boleh asal membuat desain pakaian karena dikhawatirkan membawa kerugian pada bisnis fashion Anda.

Mempunyai Logo yang Menarik

Logo adalah sebuah hal yang wajib dimiliki oleh sebuah bisnis. Logo adalah sebuah tanda pengenal yang menjadi pembeda antara brand buatan Anda dengan brand dari kompetitor. Maka dari itu, Anda harus memikirkan dengan baik-baik sebelum membuat sebuah logo. Logo tersebutlah yang akan mencerminkan citra dari brand Anda.

Membuat sebuah logo juga tidak perlu terlalu rumit. Ada banyak brand terkenal yang memiliki logo yang sederhana tapi menarik dan mudah diingat. Jika Anda sudah selesai membuat logo, Anda bisa meminta pendapat orang lain mengenai logo tersebut. Pastikan mereka memberikan kesan positif dalam logo yang telah Anda buat. pasalnya, logo tersebutlah yang menjadi tanda pengenal dari brand jualan Anda.

Illustrasi Logo Bisnis Fashion Sukses
Illustrasi Logo Bisnis Fashion Sukses Sociolla

Menyiapkan Proses Produksi dengan Terencana

Setelah membuat sebuah logo yang menarik, langkah selanjutnya adalah menyiapkan proses produksi dengan terencana. Anda harus menentukan langkah apa yang akan Anda gunakan dalam proses produksi, misalnya ingin memroduksi sendiri atau menggunakan jasa outsourcing. Terlepas dari mana proses produksi bisnis fashion Anda dilakukan hal tersebut, Anda tetap harus  memerhatikan kualitas dari produk yang dihasilkan.

Setelah Anda sudah mengetahui biaya produksi yang harus dikeluarkan, Anda juga harus menentukan harga jualnya. Agar bisnis fashion Anda bisa meraup untung, Anda bisa memberikan harga yang lebih besar daripada biaya modal yang Anda keluarkan dalam satu buah pakaian. Sebagai contoh, Anda bisa memasang target profit margin dengan nilai 30% hingga 50% lebih tinggi dari biaya modal yang Anda keluarkan.

Promosikan Lewat Internet

Era digital seperti saat ini adalah cara yang tepat untuk melakukan pemasaran produk yang Anda jual. Bahkan, Anda bisa menggunakan smartphone yang memiliki akses internet untuk berjualan. Jangkauan internet yang memiliki cakupan luas ini bisa membuat brandkamu bisa dikenal hingga ke luar negeri.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa memromosikan produk Anda di media sosial secara gratis. Jika bisnis fashion Anda sudah berkembang, akan lebih baik jika Anda membuat situs tersendiri. Hasilnya, Anda bisa mendapatkan citra brandsemakin meningkat.

Bisnis fashion memiliki banyak kompetitor sehingga Anda harus menggunakan cara yang tepat dalam mengembangkan usaha. Salah satu cara yang bisa Anda terapkan dalam bisnis fashion Anda adalah dengan menerapkan pengelolaan keuangan bisnis yang baik. Oleh karena itu, Moodah hadir untuk memberikan kemudahan bagi bisnis fashion untuk mencatat transaksi keuangan, mengelola hutang piutang, dan membuat laporan keuangan otomatis yang gratis selamanya. Semoga sukses!

Download Moodah gratis sekarang di Playstore dan Appstore Anda! www.moodah.id

Sumber Ilustrasi Foto: okezone.com

Write A Comment