Bisnis retail sejak lama menjadi bisnis yang menjanjikan untuk ditekuni. Namun, bisnis ini bukanlah bisnis yang bisa dijalankan begitu sama oleh semua orang. Sama dengan bisnis-bisnis lainnya, terdapat hal-hal yang perlu digaris bawahi agar bisnis retail dapat berjalan lancar dalam waktu yang lama serta tetap menghasilkan laba. Jika Anda ingin menjalankan bisnis ini, maka Anda harus mengetahui hal-hal krusial apa saja yang harus diperhatikan.

Mark-up

Agar Anda tetap mendapatkan laba,  maka Anda harus menentukan selisih harga antara harga beli dan harga jual. Dengan menentukan mark-up, maka Anda akan lebih mudah dalam menentukan harga baru untuk program diskon  atau ketika Anda ingin menghabiskan barang yang tidak begitu laku.

Lokasi

Hal ini tidak kalah penting untuk jalannya bisnis retail. Lokasi menentukan jalannya bisnis Anda secara langsung maupun tidak. Meskipun sekarang lokasi yang kurang strategis masih dapat dibantu dengan pemasaran online, lokasi yang mudah diakses dan dekat dengan target konsumen perlu diprioritaskan ketika memilih tempat untuk membuka bisnis retail Anda.

Kompetisi

Yang dijual oleh bisnis retail pada umumnya bukanlah barang unik atau satu-satunya. Pada umumnya bisnis retail menjual komoditas yang juga  dijual oleh banyak pelaku retail yang lain. Karena banyaknya penjual ini lah, maka  Anda harus memperhatikan siapa saja  kompetitor Anda beserta apa saja yang mereka lakukan.

Hal utama yang perlu Anda perhatikan dari mereka adalah berapa mereka menjual barang yang sama, apa sajakah barang yang mereka jual, dan bagaimana strategi dan pelayanan mereka dalam menggaet pembeli setia maupun pembeli baru.

Konsumen

Bisnis retail yang sukses adalah bisnis yang bisa memenuhi kebutuhan konsumennya. Kebutuhan konsumen di sini bukan hanya sebatas tipe barang yang disediakan, namun juga harga, kapan barang-barang tersebut tersedia, dan juga pelayanan yang unggul.

Tren

Meskipun kebutuhan konsumen pada umumnya sama dari waktu ke waktu, apa yang konsumen minati akan berubah. Hal ini karena kebutuhan dan keinginan bukanlah hal yang sama. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan perubahan tren yang ada seputar barang yang Anda sediakan.

Tidak hanya sebatas untuk barang yang Anda jual saja, tren ini juga berlaku pada bagaimana strategi yang Anda gunakan untuk menjual barang tersebut.

Pelayanan

Meskipun bisnis retail sekarang sudah menerapkan konsep semi self-service, tentu konsumen  masih tetap berinteraksi dengan para staff. Pelayanan semua staff dalam retail perlu diperhatikan, tidak hanya kasir,  namun juga pihak keamanan, hingga sales.

Untuk menghadirkan pelayanan yang terbaik, sebaiknya Anda setidaknya membuat guideline yang akan ditaati oleh para staff. Akan lebih baik jika Anda juga mengadakan pelatihan sehingga seluruh  staff tidak hanya tahu bagaimana mereka melayani konsumen, namun juga bagaimana mereka mempraktikkannya dalam keseharian operasional bisnis retail.

Baca juga: Tips Sukses Meningkatkan Produktivitas Bisnis Ritel 2020

Pengelolaan Keuangan Bisnis Retail

Mengatur dan mencatat segala transaksi bisnis adalah hal yang krusial untuk menjaga kesehatan keuangan bisnis retail. Hal ini dilaksanakan untuk menghidari kesalahan pebisnis retail yang menganggap bisnisnya untung, padahal merugi yang disebabkan tidak adanya catatan keuangan yang tepat.

Tidak lupa juga dari catatan tersebut harus di rekap untuk dijadikan sebuah laporan seperti laporan laba rugi, arus kas, dan juga neraca keuangan. Hal ini cukup krusial guna untuk pengajuan modal, dan menyusun strategi bisnis selanjutnya

Agar keuangan retail Anda tertata dengan baik, Anda bisa memanfaatkan aplikasi yang ada. Salah satunya yakni Moodah, aplikasi pembukuan yang gratis selamanya dan sudah dipakai lebih dari 20.000 UKM di Indonesia. Moodah dapat membantu Anda membuat laporan keuangan instan dan otomatis, dan mengelola hutang dan piutang (lihat cara penggunaannya).

Setelah memperhatikan hal-hal krusial di atas, apakah Anda siap untuk memulai bisnis retail?

Download Moodah gratis sekarang di Playstore dan Appstore Anda! www.moodah.id

Sumber Illustrasi Foto: liputan6.com

Write A Comment