Dalam sebuah bisnis yang berskala besar maupun kecil, setiap transaksi harus dicatat dengan baik. Terutama yang menyangkut mengenai penjualan. Semua hal yang berisikan informasi mengenai penjualan ini diisi dalam laporan penjualan. Apa itu laporan penjualan dan bagaimana cara membuat beserta contoh laporan penjualan? Simak ulasannya di bawah ini!

Mengenai Laporan Penjualan

Sebelum Anda membuat laporan penjualan yang benar, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apa itu laporan penjualan. Terlebih lagi bagi Anda yang baru memasuki dunia bisnis. Tujuannya adalah ketika Anda mengerti laporan penjualan tentu akan semakin mudah mengatur manajemen bisnis.

Secara umum, laporan penjualan didefinisikan sebagai sebuah informasi mengenai berbagai hal tentang penjualan yang disusun sedemikian rupa untuk analisis dan bahan catatan penjualan. Laporan penjualan ini sangat penting ketika akan mengambil keputusan dalam hal penentuan harga, pemasaran, hingga penjualan.

Dengan demikian, laporan penjualan ini dapat digunakan untuk bahan evaluasi apakah penjualan dalam satu periode tertentu mengalami peningkatan atau penurunan. Membuat laporan penjualan ini tidaklah mudah. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan akan diuraikan dalam poin selanjutnya.

Urutan dalam Membuat Laporan Penjualan

Menyambung dari poin sebelumnya, ketika membuat laporan penjualan ada beberapa poin penting yang perlu dipahami di sini. Salah satunya adalah catatan-catatan mengenai sumber dari laporan penjualan itu sendiri.  Berikut beberapa di antaranya adalah analisis mengenai penjualan seperti analisis penjualan, penentuan mengenai harga, dan pemasaran produk.

Kemudian, hal lainnya yang perlu diperhatikan lagi adalah mengenai penawaran terkait harga, pemesanan, pencatatan, hingga pengiriman barang. Jangan lupa untuk mencatat retur barang yang sudah dikembalikan. Setelah itu selesai, Anda perlu mencatat pula mengenai penagihan pembayaran dan penerimaan pembayaran.

Contoh Laporan Penjualan

Sebagaimana telah disebutkan di atas mengenai laporan penjualan, dalam laporan tersebut masih dibagi lagi ke dalam beberapa jenis laporan penjualan. Misalnya saja laporan rangkuman, laporan penjualan per konsumen, penjualan per salesman, hingga laporan penjualan secara terperinci. Berikut mengenai laporan tersebut dan contohnya yang perlu Anda ketahui dalam membuat laporan penjualan nantinya.

Laporan Penjualan Rangkuman

Laporan penjualan yang pertama adalah model rangkuman. Untuk jenis laporan penjualan ini isinya antara lain adalah informasi dan transaksi penjualan secara tunai bahkan non-tunai. Apabila dicontohkan maka penjualan rangkuman akan muncul seperti ini.

Contoh Laporan Penjualan Otomatis Moodah
Contoh Laporan Penjualan Otomatis Moodah

Laporan Penjualan Per Konsumen

Laporan penjualan selanjutnya yang dapat dibuat dalam laporan bisnis Anda adalah laporan penjualan per konsumen atau pelanggan. Untuk laporan penjualan satu ini biasanya berisi tentang transaksi penjualan oleh setiap konsumen atau pelanggan. Keunggulan dari laporan penjualan ini adalah salesman yang menjual produk kepada pelanggan akan terlihat. Selain itu juga mengenai total penjualan bagi masing-masing pelanggan.

Laporan Penjualan Per Salesman

Seperti namanya, untuk laporan penjualan salesman ini informasinya berisi hal yang berkaitan dengan penjualan. Terutama yang dilakukan oleh seorang salesman maupun penjual kepada konsumen atau pelanggan mereka. Dari pelanggan tersebut dapat terlihat berapa saja nominal dari transaksi serta barang apa saja yang mereka beli.

Laporan Penjualan Terperinci

Laporan penjualan yang terakhir adalah laporan penjualan berupa rincian. Berbeda dari laporan penjualan sebelumnya, untuk jenis ini berisikan informasi lebih mendetail tentang segala hal yang berkaitan dengan penjualan. Beberapa faktor penting yang harus ada pada laporan ini di antaranya adalah nomor referensi, data mengenai barang dan jasa, siapa pihak penjualnya, nama pelanggan dan sebagainya.

Itulah beberapa panduan singkat yang perlu Anda tahu mengenai laporan penjualan dalam sebuah bisnis. Kini, Anda pun dapat membuat laporan penjualan dengan mudah melalui satu aplikasi yang sudah dipercaya lebih dari 20.000 UKM seperti Moodah. Dengan menggunakan aplikasi ini tentu akan menghemat waktu Anda dan meminimalisir kesalahan dalam pembuatan laporan penjualan. Selamat mencoba!

Download Moodah gratis sekarang di Playstore dan Appstore Anda! www.moodah.id

Sumber Illustrasi Foto: freepik.com

Write A Comment