Perkembangan teknologi digital kini merambah hampir seluruh aspek kehidupan di masyarakat. Termasuk pula dalam ranah bisnis dan transaksi di toko hingga melakukan pembukuan digital. Untuk itulah Anda memerlukan aplikasi penjualan online. Disadari atau tidak, aplikasi ini banyak memberikan keuntungan. Apa saja keuntungannya? Berikut di antaranya yang perlu Anda tahu.

Proses Transaksi Menjadi Lebih Cepat

Sebagai seorang pengusaha, memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen adalah sebuah keharusan. Biasanya konsumen ini ingin dilayani secara cepat dan ramah. Contohnya saja ketika melakukan transaksi pembelian produk atau barang di toko Anda. Di sini Anda dituntut untuk melakukan transaksi dengan cermat.

Di sinilah aplikasi penjualan online dapat bekerja dengan baik. Anda dapat mengecek apakah barang yang diinginkan konsumen masih ada atau stoknya semakin menipis. Dengan begitu, Anda tidak perlu membongkar stok gudang untuk memastikan barang. Hal ini juga akan membuat proses jual beli menjadi lebih cepat. Kepercayaan konsumen pun akan lebih meningkat.

Mencatat Segala Transaksi Penjualan dengan Akurat

Selanjutnya, keuntungan dari aplikasi penjualan online ini adalah mampu untuk mencatat transaksi penjualan secara akurat. Misalnya saja mulai dari pemesanan hingga transaksi secara online. Hal itu akan terekam secara otomatis dan lebih akurat.

Lalu, Anda tak perlu mencatat transaksi di buku kas secara manual. Bahkan tidak diperlukan kalkulator untuk menghitung berapa penjualan Anda di waktu tertentu. Ini karena semuanya sudah dihitung secara otomatis tadi.

Mengelola Stok Barang Lebih Mudah

Aplikasi penjualan online juga dilengkapi dengan fitur pengelolaan inventory atau pengecekan barang di gudang. Jika sebelumnya untuk mengontrol jumlah persediaan barang baik itu kebutuhan untuk restock dilakukan secara manual, kini bisa dilakukan menggunakan aplikasi ini dengan mudah.

Anda akan langsung terhubung langsung dengan supplier melalui Whatsapp. Anda juga bisa mengatasi masalah persediaan barang mengenai satu sistem saja. Lewat cara seperti ini pula Anda akan lebih mudah dalam menentukan kapan waktunya untuk restock dan menentukan besaran jumlah barang yang akan dipesan.

Bisa Dilakukan untuk Analisis Penjualan

Aplikasi penjualan online tidak hanya dapat membantu Anda dalam hal transaksi layaknya mesin kasir konvensional. Lebih dari itu, aplikasi tersebut juga mampu mendukung dalam pelaporan dan analisis penjualan secara langsung serta cepat. Sehigga, Anda akan lebih mudah dalam melihat performa bisnis.

Melalui aplikasi penjualan online ini pula Anda dapat melihat bagaimana performa karyawan, jumlah penjualan dan pembelian yang terjadi dalam sehari, dan dapat memproyeksikan berapa besaran profit nantinya. Analisis penjualan ini sangat penting untuk mengevaluasi bisnis secara berkala. Baik itu secara harian, mingguan, atau bulanan.

Memonitor Bisnis di Mana Saja dan Kapan Saja

Anda tentu menginginkan bisnis yang dikelola menjadi maju dan mendapatkan keuntungan besar. Oleh karenanya, melakukan monitoring menjadi hal penting. Namun, dalam praktiknya banyak pengusaha masih menggunakan gaya lama yakni memonitor dengan cara konvensional.

Salah satunya Anda harus berkutat dengan dokumen maupun file di komputer. Ini akan memakan banyak waktu dan tenaga. Beda halnya ketika menggunakan aplikasi penjualan online. Dalam satu genggaman, Anda dapat memonitor bisnis di mana saja dan kapan saja tanpa harus membuka dokumen-dokumen konvensional dalam bentuk cetak.

Menghemat Waktu

Dari beberapa poin di atas juga dapat disimpulkan bahwa aplikasi penjualan online secara umum dapat menghemat waktu Anda. Misalkan dalam mengecek jumlah barang di gudang, transaksi penjualan, hingga melakukan analisis bisnis. Dengan demikian, Anda pun tidak perlu lagi bersusah payah untuk mengeluarkan tenaga tambahan.

Anda pun harus mengeluarkan biaya tambahan untuk ongkos tenaga tersebut. Namun, beda halnya jika menggunakan aplikasi penjualan online. Semua bisa dilakukan dalam genggaman dan Anda tak perlu mengeluarkan ongkos tambahan dan justru akan menghemat pengeluaran pula.

Meningkatkan Profit

Terakhir, manfaat dan keuntungan dari menggunakan aplikasi penjualan online ialah profit dari bisnis Anda akan meningkat. Hal ini dikarenakan aplikasi penjualan online menyajikan data secara akurat secara real time. Misalnya saja mengenai laporan laba rugi harian, neraca keuangan dan juga arus kas yang dapat Anda sesuaikan untuk periode tertentu.

Ketika Anda mengetahui mengenai data tersebut, setidaknya ini membantu dalam menentukan strategi bisnis berikutnya. Strategi yang dibuat tersebut tentu akan lebih efektif meningkatkan profit. Anda pun akan lebih tenang dalam mengelola bisnis.

Memang, aplikasi penjualan online saat ini banyak pilihannya. Anda harus jeli dalam memilih aplikasi apa yang cocok untuk kebutuhan bisnis. Salah satunya yang dapat dipilih adalah Moodah yang dapat digunakan gratis selamanya, dan sudah dipakai lebih dari 20.000 UKM di Indonesia. Menarik bukan? Segera install aplikasi ini untuk bisnis yang lebih baik di era digital.

Download Moodah gratis sekarang di Playstore dan Appstore Anda! www.moodah.id

Sumber Illustrasi Foto: freepik.com

Write A Comment