Usaha kuliner dapat dikatakan sebagai salah satu lapangan usaha yang tidak akan pernah mati, menjanjikan, dan akan terus berkembang. Bagaimana tidak? Makanan adalah sebuah kebutuhan primer yang harus dipenuhi oleh tiap orang. Berbeda dengan kebutuhan sekunder atau tersier, jika Anda sudah mulai merasa lapar maka Anda harus segera mengisi perut Anda.

Namun meskipun terlihat mudah dan menguntungkan, banyak juga usaha kuliner yang hanya bertahan dalam atau kurang dari 1 tahun. Jadi, bagaimana sih cara atau tips bisnis kuliner sukses? Jika Anda adalah seorang pemula dan ingin memulai usaha kuliner, simak rekomendasi berikut!

Pelajari Lebih Dalam Mengenai Usaha Kuliner

Sama seperti bisnis-bisnis lainnya, Anda harus mengerti mengenai usaha yang Anda jalani. Di dalam usaha kuliner sendiri yang dimana persaingannya sangat ketat, Anda harus mempelajari kesuksesan dari usaha kuliner usaha lain. Anda harus mempelajari bagaimana trend kuliner yang terjadi saat ini, dan berfikir kreatif untuk membuat trend baru di dunia kuliner. Hal-hal seperti ini dapat dengan mudah Anda dapati dengan internet atau pun mengikuti forum atau komunitas usaha kuliner. Anda harus terus berdiskusi dan belajar lebih dalam dengan forum-forum komunitas agar bisa memprediksi mengenai tren selanjutnya.

Tentukan Target Pasar

Salah satu kelebihan dalam usaha kuliner adalah target pasarnya yang sangat luas. Namun, meskipun begitu, bukan berarti Anda tidak menentukan target pasar Anda yang cocok. Dengan membuat target pelanggan Anda secara spesifik atau fokus, Anda dapat menarik dan mempertahankan pelanggan. Misalnya, jika Anda menargetkan orang kantoran di umur 25-45, Anda dapat mefokuskan kepada faktor-faktor apa saja yang dapat menarik perhatian target Anda ini.

Tentukan Konsep Yang Berbeda dan Unik

Dengan tingginya persaingan, Anda harus secara dalam memikirkan dan memutuskan hal yang membuat usaha Anda berbeda, namun unik. Secara teori, hal ini disebut sebagai strategi diferensiasi, atau sebuah strategi yang menekankan keunikan yang berbeda dengan pesaing lainnya. Perbedaan ini bisa saja berdasarkan resep dari produk Anda, tampilan produk, atau dari design interior toko Anda. Hal terpenting adalah Anda harus pikirkan secara kreatif konsep yang dapat memberikan pengalaman yang positif untuk pelanggan Anda. Sebagai contoh, Anda bisa saja membuat sebuah usaha kuliner dengan sistem take away ataupun dalam bentuk frozen food.

Dapatkan Lokasi Strategis

Mendapatkan sebuah lokasi yang strategis tidaklah semudah yang terlihat. Anda harus melakukan survey yang dilakukan secara terus-menerus. Anda harus memperthatikan seberapa banyak kah yang melalui lokasi tersebut di jam-jam tertentu, harga sewa, keamanan dan juga perizinannya. Target pasar yang sudah Anda tentukan sebelumnya juga salah satu faktor yang harus Anda perhatikan. Jika Anda menargetkan pasar Anda untuk kalangan orang kantoran, Anda harus menempatkan toko Anda di daerah perkantoran juga misalnya.

Lakukan Promosi

Katakanlah usaha kuliner yang baru Anda miliki sudah unik, dan terletak di lokasi yang strategis. Namun, bagaimana caranya memberi tahu masyarakat mengenai usaha Anda ini? Caranya adalah dengan promosi. Melakukan promosi sendiri dapat dilakukan dengan berbagai cara, misal melalui social media seperti Instagram, line, facebook, atau twitter. Dalam promosi ini pun secara tidak langsung Anda harus membuat konten yang mengundang calon pelanggan Anda. Ketika calon pelanggan Anda sudah tertarik dan puas, Anda dapat memanfaatkan word-of-mouth yang tercipta dari pelanggan Anda. Dengan terus memanfaatkan word-of-mouth positif Anda, suatu saat nanti nama brand Anda akan tercipta di kalangan masyarakat.

Lakukan Pembukuan yang Tepat

Tentunya saat bisnis Anda berjalan, akan ada uang masuk dan keluar. Hal ini nantinya akan dicatat, dan dijadikan menjadi laporan keuangan bisnis Anda. Pencatatan ini penting untuk Anda mengetahui kesehatan keuangan dan strategi usaha kuliner Anda selanjutnya. Selain itu, pembukuan yang tepat juga akan membantu Anda untuk mengajukan permodalan untuk mengembangkan usaha Anda.

Tentunya, untuk melakukan pembukuan yang tepat dengan kesalahan minimal, Anda bisa gunakan aplikasi pembukuan seperti Moodah. Aplikasi pembukuan Moodah gratis selamanya dan sudah digunakan lebih dari 20.000 UKM di Indonesia. Dengan Moodah, laporan neraca keuangan, laba rugi, hingga arus kas harian usaha kuliner Anda terbuat otomatis cukup dari handphone saja.

Memulai bisnis kuliner memang sangat menarik dan cukup menguntungkan. Namun tetap ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk membuat usaha kuliner Anda ini sukses. Apakah sudah terbayang bagaimana usaha kuliner Anda akan seperti apa? Mulai dan permudah bisnis Anda dengan Moodah!

Download Moodah gratis selamanya sekarang juga!

Sumber Illustrasi Foto: kompas.com

Write A Comment