Dengan pesatnya perkembangan bisnis ritel di Indonesia yang mencapai 9%-10% di tahun 2018, wajar saja jika Anda kesulitan dalam bersaing di industri ritel. Nyatanya, agar bisnis bertahan, anda tidak bisa hanya bergantung kepada seberapa besar profit yang anda hasilkan. Salah satu faltor penting yang harus anda pertahankan adalah tingkat produktivitas dari bisnis anda tersebut.

Cara Anda mengelola bisnis sangat berpengaruh kepada kesuksesan bisnis, terutama di dalam bisnis ritel. Sering sekali terjadi kesalahan input data hasil penjualan, lambatnya proses pelayanan, ataupun kerugian yang tidak terlihat. Hal ini tentunya menyebabkan terhambatnya produktivitas bisnis anda yang menjadikan kerugian Anda membengkak.

Hal ini dapat diatasi apabila anda memberi nilai lebih kepada customer anda dengan meningkatkan produktivitas bisnis anda. Berikut beberapa tips bagaimana anda dapat meningkatkan produktivitas bisnis ritel anda!

Baca Juga: Mengenal Bisnis Retail dan Cara Memenangkan Kompetisinya

Pemberian Pelatihan dan Motivasi Kepada Pegawai

Pegawai dalam melakukan pekerjaan tentunya membutuhkan sebuah motivasi mengapa dia harus bekerja lebih baik. Banyak motivasi yang bisa diberikan, misal memberi penghargaan, ataupun hanya sekedar feedbackkepadanya. Jika pekerjaannya baik, pegawai tersebut pun dapat termotivasi dengan pemberian bonus atau insentif.

Namun, motivasi sendiri tidak cukup apabila kapabilitas dari pegawai tersebut tidak memadai. Sebagai manager, anda perlu memberikan training untuk pegawai anda mengenai bagaimana bisnis anda berjalan, dan juga tugas yang akan mereka lakukan. Pelatihan aplikasi dan teknologi yang bisnis anda gunakan pun hal penting untuk diberikan agar bisnis anda tidak terhambat.

Menggunakan Sistem Otomatis

Menjalani bisnis anda dengan sistem yang serba manual seperti menggunakan kertas dapat membuat bisnis anda kurang efisien. Terlebih lagi di era digital saat ini sudah banyak bisnis ritel lainnya yang mulai beralih ke sistem otomatis untuk mengatur bisnis mereka.

Memiliki nota hingga 3 rangkap, dan catatan kertas hilang sudah menjadi hal yang terjadi di bisnis ritel. Akhirnya, untuk membuat keputusan strategi selanjutnya menjadi sangat lambat. Hal ini karena Anda harus merekap semua transaksi secara manual yang memakan waktu

Penggunaan aplikasi pembukuan keuangan bisnis seperti Moodah dapat membantu anda dalam mengelola bisnis ritel. Cukup melalui handphone saja, Anda sudah tidak perlu lagi takut catatan penjualan Anda hilang, dan dapat dengan cepat menentukan strategi selanjutnya. Laporan neraca keuangan, laba rugi, dan arus kas pun terbuat otomatis dan dapat diketahui saat itu juga.

Monitor Selalu Pekerjaan Pegawai Anda

Kegiatan me-monitor pegawai anda dapat membantu anda dalam meningkatkan produktivitas untuk mengurangi resiko terjadinya kesalahan pencatatan transaksi penjualan bisnis ritel Anda. Sama seperti di point pertama, Anda harus terus memberikan pengetahuan, perhatian, dan bimbingan kepada pegawai Anda mengenai kemudahan teknologi agar produktivitas tetap meningkat.

Di zaman serba digital seperti saat ini, terlebih semenjak terjadinya pandemic COVID-19, penggunaan aplikasi digital memang sudah menjadi sebuah keharusan. Moodah dapat Anda gunakan untuk meningkatkan produktivitas secara signifikan. Moodah sudah dipercaya lebih dari 20.000 UKM di Indonesia, dan dapat digunakan secara gratis selamanya  (lihat cara penggunaan). Sukses selalu ya!

Sumber Illustrasi Foto: tribunnews.com

Write A Comment