Nota penjualan merupakan suatu alat bantu yang sangat penting bagi bisnis. Nota penjualan bermanfaat untuk mendata penjualan yang telah dilakukan sebuah bisnis sekaligus bisa sebagai bukti penagihan kepada pelanggan. Isi informasi di dalam nota adalah tentang jenis produk yang telah dibeli, total harga, dan siapa yang melakukan transaksi.

Dalam bisnis skala menengah ke bawah biasanya cara membuat nota penjualan masih secara manual menggunakan buku nota. Cara manual ini bisa terbilang merepotkan karena memakan waktu untuk merekap, kurang akurat dan membuat laporan keuangan perusahaan buruk. Pebisnis zaman now membuat nota penjualan menggunakan aplikasi pembukuan usaha berbasis online. Aplikasi ini akan memudahkan Anda dalam membuat nota penjualan dan juga kepentingan pendataan bisnis yang lain.

Moodah menjadi salah satu aplikasi pembukuan usaha kecil gratis selamanya yang akan membantu Anda membuat nota penjualan. Moodah hadir sebagai solusi untuk keuangan bisnis Anda. Anda bisa menggunakan aplikasi Moodah untuk mendapatkan nota penjualan yang lebih profesional dan canggih. Berikut ini cara membuat nota penjualan:

Baca juga: Contoh Laporan Penjualan Perusahaan

Masuk ke Menu Pencatatan

Pertama Anda bisa masuk ke menu pencatatan dengan aplikasi Moodah yang bisa di gunakan secara gratis selamanya. Di dalam menu ini, Anda dapat mulai memasukan detail dari transaksi yang terjadi cukup dari handphone saja. Data yang bisa Anda masukan adalah misalnya nama pembeli, kategori, produk, dan harga jual. Anda tidak perlu lagi repot mencari kertas dan menuliskan semua detailnya kembali.

Illustrasi Aplikasi Pencatatan Keuangan Moodah
Menu Pencatatan Moodah

Proses Membuat Nota Penjualan

Selanjutnya, Anda dapat memasukan nama pembeli dari kontak yang baru Anda buat, atau dari kontak di handphone Anda. Anda juga dapat langsung memilih produk terjual beserta harga dan jumlahnya, yang akan langsung tercatat di laporan keuangan.

Setelah itu, Anda bisa tentukan apakah transaksi tersebut sudah lunas atau pun belum. Perlu diingat, kontak wajib di isikan apabila memang transaksi tersebut belum lunas. Jika seluruh informasi sudah di isi, Anda bisa langsung menyimpan catatan tersebut, dan nota penjualan sudah terbuat.

Illustrasi Pencatatan Usaha Moodah
Menu Pencatatan Nota Moodah

Cetak atau Kirim Nota Penjualan

Langkah akhir dari proses pembuatan nota penjualan ini adalah mencetak. Namun, sebelum mencetaknya, Anda perlu melakukan cek ulang, apakah informasi yang telah Anda isi pada nota sudah benar semuanya. Sebab nota sangat penting sebagai bukti apabila terjadi hal yang tidak di inginkan di masa depan. Anda bisa langsung mencetak nota penjualan Anda cukup dari handphone Anda saja.

Berikutnya jika terjadi kesalahan informasi, Anda masih bisa mengubahnya dengan fitur edit. Nota penjualan pun bisa langsung kamu kirimkan ke pelanggan kamu cukup melalui Whatsapp saja, sehingga proses menjadi lebih praktis

Illustrasi Nota Penjualan Moodah
Nota Penjualan Moodah

Mudah sekali, bukan? Kini Anda dapat membuat nota penjualan dalam waktu yang sangat singkat dan efektif. Anda bisa mencoba aplikasi Moodah cukup dengan modal handphone saja tanpa biaya. Sangat sebanding dengan efektivitas yang ditawarkan. Yuk pakai Moodah sekarang juga!

Illustrasi Nota Penjualan Moodah

Write A Comment