Dalam menjalankan usaha, baik untuk usaha kecil menengah (UKM), ataupun usaha besar, memahami laporan keuangan adalah sebuah keharusan. Mengapa laporan keuangan penting? tentunya hal ini dikarenakan segala kegiatan usaha akan bergantung kepada modal, ataupun kondisi keuangan usaha Anda. Singkatnya, hidup mati usaha Anda akan ditentukan dari bagaimana Anda mengatur keuangan Anda, yang didasarkan oleh pengelolaan laporan keuangan Anda.

Sayangnya, tidak banyak pelaku usaha kecil (UKM) yang memahami pengertian laporan keuangan dan juga menganggap penting laporan keuangan. Akibatnya, ratusan hingga jutaan pelaku usaha kecil yang terpaksa harus menutup ataupun gulung tikar usahanya dikarenakan hanya membuat laporan keuangan sederhana yang tidak tepat dan ala kadarnya. Lalu, apa itu laporan keuangan sebenarnya?

Pengertian Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah sebuah laporan ataupun catatan yang berisikan informasi mengenai keuangan dari sebuah usaha dalam suatu periode tertentu, baik itu harian, bulanan, ataupun tahunan, yang menggambarkan situasi kinerja perusahaan tersebut.

Laporan keuangan sendiri, bagi untuk setiap usaha pun akan berbeda satu sama lainnya. Contohnya adalah kebijakan periode laporan keuangan yang sudah ditentukan oleh usaha tersebut. Namun, secara keseluruhan semua usaha harus memiliki komponen laporan keuangan yang seperti jumlah laporan pembelian, penjualan, dan kredit ataupun biaya operasional.

Seluruh informasi yang terdapat di dalam laporan keuangan pun harus dapat di pertanggung jawabkan, dan juga terus di evaluasi. Hal ini karena, laporan keuangan akan di gunakan untuk menentukan arah atau strategi usaha tersebut selanjutnya. Selain laporan keuangan dapat digunakan untuk menentukan strategi, laporan keuangan juga berfungsi untuk hal-hal seperti bahan pertanggung jawaban usaha, dan juga dokumen penting untuk pengajuan modal.

Fungsi Laporan Keuangan

1. Sebagai Bahan Evaluasi Usaha

Usaha yang baik adalah usaha yang dapat menentukan arah jalan ataupun memiliki strategi dalam menghadapi persaingan. Dalam hal ini, laporan keuangan memegang peran yang sangat penting. Mengapa? dengan laporan keuangan, pelaku usaha akan tahu permasalahan yang terjadi di dalam usahanya, sehingga pelaku usahapun dapat dengan cepat menentukan solusi dari masalah tersebut. Atas dasar ini lah mengapa laporan keuangan harus secara terus menerus di evaluasi.

Apabila seorang pelaku usaha dapat mengevaluasi laporan keuangan secara maksimal dan juga tepat waktu, maka pelaku usaha dapat merasa cukup tenang dan juga terhindar dari masalah yang akan datang.

Baca Juga: Panduan Singkat dan Contoh Laporan Penjualan Yang Benar

2. Mengetahui Kondisi Usaha

Laporan keuangan usaha berisikan komponen-komponen penting seperti transaksi penjualan, pembelian, kredit ataupun biaya operasional. Dari informasi-informasi ini, Anda dapat mengetahui secara cepat bagaiman kondisi usaha Anda saat ini. Apabila Anda masih tidak membuat laporan keuangan, melakukan pencatatan secara manual, atau membuat laporan keuangan sederhana yang ala kadarnya, Anda akan kesulitan untuk mengetahui kondisi usaha Anda. Akibatnya, akan banyak hal yang tidak diinginkan akan terjadi di masa depan, yang dimana Anda belum sempat mempersiapkan solusinya.

3. Bahan Pertanggungjawaban Perusahaan

Segala kegiatan usaha yang Anda lakukan tentunya harus dapat di pertanggungjawabkan. Baik kepada investor, pemerintah ataupun kepada instansi-instansi lainnya seperti perpajakan. Dengan Anda memiliki laporan keuangan yang cukup mendetail, maka usaha anda akan terlihat lebih kredibel dan mendapatkan dukungan dari instansi atau yang bersangkutan.

4. Mendapatkan Modal Usaha

Memiliki laporan keuangan yang mendetail dan juga lengkap merupakan salah satu persyaratan sebuah usaha kecil (UKM) dapat mendapatkan modal usaha. Bagaimana tidak? bayangkan jika ada seseorang yang ingin meminjam uang kepada Anda, namun Anda tidak tahu kapan seseorang itu dapat membayar kembali pinjamannya, kemampuannya, ataupun apakah Anda akan merugi dari pinjaman tersebut atau tidak. Pastinya, jika hal-hal tersebut terjadi akan sangat beresiko bagi pemberi modal untuk memberikan modal usahanya. Maka dari itu untuk mengatasi hal ini, memiliki laporan keuangan yang mendetail adalah solusinya.

Kesimpulan

Pada akhirnya, Anda harus mengerti pengertian laporan keuangan yang dapat dianggap sebagai dokumen penentu hidup dan mati sebuah usaha. Seluruh informasi mengenai kegiatan usaha dapat ditemukan di dalam sebuah laporan keuangan. Informasi-informasi tersebut tentunya dapat Anda manfaatkan mulai dari mengetahui kondisi usaha Anda, hingga mendapatkan modal usaha.

Namun, dalam membuat sebuah laporan keuangan tentunya Anda tidak dapat secara ala kadarnya ataupun secara manual. Cara Anda membuat laporan keuangan usaha Anda akan menentukan seberapa baik, detail, ataupun tepatnya laporan keuangan usaha Anda. Jika Anda masih bersikeras dengan cara lama, Anda tidak akan dapat merasakan manfaat sebenarnya dari laporan keuangan usaha tersebut.

Baca Juga: Cara Cepat Pencatatan Transaksi Keuangan Bisnis

Salah satu cara termudah yang dapat Anda manfaatkan untuk mempercepat dan mempermudah dalam membuat laporan keuangan adalah dengan memanfaatkan aplikasi pembukuan. Salah satu aplikasi pembukuan yang dapat Anda coba adalah Moodah.

Moodah adalah aplikasi pembukuan usaha harian UKM yang dapat digunakan secara gratis selamanya. Moodah sudah digunakan lebih dari 40.000 UKM di Indonesia, yang sudah merasakan peningkatan laba bersih hingga 125%. Dengan Moodah, Anda dapat secara cepat, tepat, dan otomatis dalam membuat laporan keuangan seperti laporan laba rugi, laporan penjualan, dan neraca keuangan.

Tunggu apa lagi? sudahkan Anda siap memperbaiki laporan keuangan Anda dan menjadi pelaku usaha sukses? Yuk, pakai Moodah sekarang juga!

Download Moodah Untuk Dapatkan Modal Usaha

Write A Comment