5 Cara Memulai Bisnis di Tahun 2021 – Tahun segera berganti, ketidak pastian karena pandemi pun masih terus terjadi. Meskipun menjelang akhir tahun ini pertumbuhan bisnis sudah cukup membaik, jumlah pelaku usaha juga menaik, namun rintangan yang harus dihadapi pun tetap mengusik.

Dengan ketidak pastian dan rintangan yang terus meningkat, banyak pertanyaan-pertanyaan baru yang muncul di kalangan pelaku usaha lama ataupun baru. Salah satunya adalah, bagaimana cara memulai bisnis di tahun 2021?

Tentunya, hal tersebut akan menjadi pertanyaan utama dikarenakan dalam memulai bisnis pun kita memerlukan yang namanya perencanaan dan strategi. Tanpa perencanaan dan strategi yang jelas, kita tidak akan tahu tujuan dan tidak akan mampu untuk bertahan, apalagi mengembangkan bisnis yang dimiliki.

Lalu, apa saja cara memulai bisnis di tahun 2021? Mari simak beberapa caranya di artikel berikut!

1. Fokus Pada Keadaan, Regulasi, dan Aturan

Baik dalam kondisi masa sulit seperti ini, ataupun keadaan normal, yang namanya bisnis tidak bisa dijalankan semena-mena. Terlebih lagi, di masa kini yang memiliki aturan yang lebih ketat dalam kegiatan pribadi ataupun bisnis. Sebagai pelaku usaha baru ataupun lama, kita harus tetap mengikuti peraturan yang ada apabila kita ingin memulai bisnis atau mempertahankannya.

Misalnya, apabila Anda ingin memulai bisnis restoran, Anda harus paham atau mengikuti aturan pembatasan sosial (social distancing). Apabila Anda tidak mengikuti aturan tersebut, maka bisnis Anda terancam harus di hentikan oleh pemerintah.

Sebagai alternatif, terdapat cara memulai bisnis lainnya di tahun 2021 kedepan yang dapat Anda lakukan, misalnya dengan memulai secara online. Mengapa? dikarenakan bisnis online tidak terikat secara ketat dengan aturan seperti social distancing. Terlebih lagi, di masa seperti saat ini orang pun mulai membeli barang secara online. Dengan bisnis online, Anda dapat melakukan atau lebih leluasa untuk mengembangkan bisnis Anda.

2. Atur Jadwal Peluncuran Produk Anda

Di tahun 2020 sendiri banyak sekali peluang usaha yang menguntungkan bermunculan. Namun, meski banyak peluang usaha yang bermunculan, untuk meluncurkannya pun terbilang cukup sulit. Beberapa kesulitannya misalnya adalah kekurangan bahan mentah akibat pandemi yang mengakibatkan tertundanya peluncuran produk.

Baca Juga: 8 Peluang Usaha Yang Menguntungkan di Tahun 2021

Apabila Anda tetap memaksakan untuk meluncurkan suatu produk dengan masalah tersebut, tentunya akan mempengaruhi kepuasan pelanggan Anda karena produk yang terbatas. Maka dari itu, cara memulai bisnis yang tepat adalah dengan memerhatikan ketersediaan bahan mentah tersebut, dan mengatur kembali waktu yang tepat untuk meluncurkan produk Anda.

3. Fokus Pada Pengalaman dan Kepuasan Pelanggan

Pengalaman dan kepuasan pelanggan adalah kunci hidup dan mati nya sebuah bisnis di masa mendatang. Apabila Anda berhasil memberikan pengalaman yang baik, maka pelanggan Anda akan merekomendasikan produk Anda tanpa perlu Anda minta. Sebaliknya, jika pengalaman dan kepuasan pelanggan Anda buruk akan menjatuhkan nama bisnis Anda kedepannya.

Sebelum memulai bisnis Anda, Anda harus mengetahui pelanggan seperti apa yang ingin Anda incar. Selain itu, dari segi produk pun Anda harus sudah mengetahui value atau pengalaman apa yang dapat Anda berikan. Misal, apakah produk Anda berhasil membantu permasalahan yang di alami pelanggan Anda?

Dari segi pemasaran pun tidak boleh Anda lupakan. Salah satu cara memulai bisnis dari segi pemasaran adalah dengan menyiapkan konten-konten yang bermanfaat, dan selalu menanyakan saran dan kritik dari pelanggan Anda.

4. Miliki Rencana Cadangan

Ketika menjalankan bisnis, tentunya kita akan menghadapi berbagai tantangan. Tidak selalu apapun yang sudah kita rencanakan sebelumnya akan berhasil 100%. Setidaknya, Anda harus memiliki dua atau lebih rencana cadangan sebagai ancang-ancang apabila rencana awal Anda gagal.

Pada tahun 2020 yang penuh dengan ketidakpastian ini, sudah tidak jarang pelaku usaha menutup bisnisnya karena tidak memiliki rencana cadangan. Terdapat banyak skenario yang terjadi di 2020 seperti pengaturan keuangan usaha yang salah, perilaku konsumen yang terus berubah, ataupun banyak hal tidak terduga lainnya. Maka dari itu, cara memulai bisnis di tahun 2021 adalah dengan mempelajari permasalahan-permasalahan yang terjadi di 2020, dan menjadikannya sebagai rencana cadangan.

5. Persiapkan Rencana Keuangan

Terakhir, cara memulai bisnis yang sering dilupakan oleh pelaku usaha adalah memiliki rencana keuangan. Tanpa uang ataupun modal, pastinya segala rencana yang sudah Anda siapkan tidak akan terjalankan. Hal ini dikarenakan dalam melakukan kegiatan bisnis, selalu akan ada uang yang keluar, tidak hanya masuk.

Baca Juga: Pengertian Laporan Keuangan dan Fungsinya Untuk UKM

Anda perlu menyiapkan rencana keuangan mingguan, bulanan, hingga tahunan, dan juga menyesuaikan dengan strategi bisnis yang Anda siapkan. Setelah itu, ketika Anda sudah memulai bisnis pun Anda harus rajin mencatat keuangan dan membuat laporan keuangan usaha. Beberapa laporan keuangan yang penting untuk Anda pahami adalah laporan neraca keuangan, laporan laba rugi, dan laporan arus kas.

Namun, sayangnya hal ini sering dianggap remeh oleh pelaku usaha baru karena dirasa tidak penting, atau menyulitkan. Memang, ketika kita membuat laporan keuangan kita harus memahami komponen-komponennya, memahami akuntansi, dan cukup memakan waktu yang lama. Tapi, tetap saja bisnis yang dapat berkembang adalah bisnis yang memiliki laporan keuangan sehat.

Baca Juga: Contoh dan Jenis-Jenis Laporan Keuangan Untuk UKM

Untuk mengatasi permasalahan laporan keuangan, pelaku usaha dapat memanfaatkan aplikasi keuangan usaha seperti Moodah. Moodah adalah aplikasi pembukuan usaha gratis yang sudah meningkatkan profit 40.000 UKM di Indonesia hingga 125%. Dengan Moodah, pelaku usaha dapat melakukan perencanaan keuangan, membuat laporan keuangan otomatis, hingga mengatur hutang dan piutang.

Terdengar sulit, namun cara memulai bisnis diatas apabila dijalankan secara sungguh-sunggu maka akan menjadi mudah. Karena, pada dasarnya tidak ada hal yang sulit apabila kita berniat dengan tekad yang tinggi untuk meraihnya. Sukses selalu untuk Anda yang ingin memulai bisnisnya di tahun 2021!

Download Moodah Untuk Dapatkan Modal Usaha
Author

Write A Comment