8 Peluang Usaha Yang Menguntungkan di Tahun 2021 – Tahun 2020 bisa dikatakan merupakan tahun yang unik untuk kita semua. Banyak sekali pelajaran yang dapat kita ambil dengan adanya pandemi COVID-19 di tahun 2020 ini.

Dengan ketidak pastian yang terjadi di tahun 2020 ini, kita semua secara mau tidak mau harus beradaptasi dengan berbagai hal baru. Misalnya, bagaimana caranya kita mengatur keuangan kita, ataupun mencari peluang usaha yang menguntungkan agar kita dapat bertahan di masa sulit ini.

Selain itu, tren dari meningkatnya penggunaan sosial media dan penjualan bisnis online pun di prediksi akan terus berlangsung hingga 2021. Sehingga, dapat dikatakan jumlah pelaku usaha di tahun 2021 pun juga akan terus meningkat.

Dengan meningkatnya persaingan bisnis yang sangat mungkin terjadi di tahun 2021, kita pun harus pintar memilih peluang usaha yang tepat. Lalu, apa saja peluang usaha yang menguntungkan di tahun 2021? simak saja di artikel berikut yuk!

Baca Juga: 3 Cara UMKM Tetap Bertahan Hadapi Resesi Ekonomi

01. Bisnis Reseller / Dropshipper

Menjadi seorang reseller atau dropshipper dapat dikatakan salah satu peluang usaha yang menguntungkan. Bagaimana tidak? dengan menjadi reseller ataupun dropshipper, Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Hal ini dikaranakan, Anda tidak perlu memproduksi produk tersebut.

Selain itu, menjadi reseller atau dropshipper pun sangat mudah dijalankan untuk pemula. Sebagai reseller, Anda tidak perlu pusing memikirkan stok produk yang tidak terjual karena Anda hanya perlu menyimpan jumlah stok produk secara minimal. Sedangkan jika Anda menjadi dropshipper, Anda hanya perlu menjadi media promosi produk tersebut, tanpa perlu menyimpan stok karena produk dikirimkan langsung dari supplier Anda.

02. Bisnis Makanan Sehat

Bisnis makanan merupakan salah satu jenis bisnis yang memiliki tingkat persaingan yang tinggi. Bagaimana tidak? karena semua orang pasti membutuhkan makanan untuk bertahan hidup.

Namun, Anda dapat menjadikan bisnis ini menjadi peluang usaha yang menguntungkan apabila Anda menjual makanan sehat. Hal ini dikarenakan makanan sehat memiliki target pasar yang niche atau tertentu. Akan tetapi, mengingat pandemi di tahun 2020, orang pun mulai lebih memerhatikan kesehatannya, sehingga bisnis makanan sehat dapat dikatakan sebagai peluang yang baik.

03. Bisnis Minuman Herbal

Mengingat meningkatnya kesadaran akan kesehatan yang tinggi, selain makanan sehat, orang Indonesia pun memulai menyetok vitamin dan suplemen.

Namun, tidak semua orang mampu menyetok vitamin dan suplemen yang harganya cukup tinggi. Alternatifnya, orang Indonesia lebih memanfaatkan minuman herbal untuk menjaga kesehetannya. Maka dari itu, memulai bisnis minuman herbal cukup di rekomendasikan untuk di mulai di tahun 2021.

04. Bisnis Laundry

Selanjutnya, bisnis laundry juga masih menjadi peluang usaha yang menguntungkan di tahun 2021. Terlebih lagi, apabila Anda tinggal di daerah perkotaan yang mobilitas nya masih tinggi, dan tidak memiliki waktu yang banyak untuk mencuci pakaiannya.

Selain itu, untuk memulai bisnis laundry sendiri Anda tidak memerlukan modal yang banyak. Anda dapat memulainya dengan menggunakan mesin cuci di rumah Anda sendiri.

Baca Juga: 7 Cara Memulai Bisnis Rumahan Agar Berhasil

05. Jasa Mengajar Online

Di tahun 2020, segala aktifitas mulai dari sekolah hingga pekerjaan mulai dirumahkan. Dengan kegiatan yang cukup terbatas dirumah, banyak orang mulai mencari webinar online untuk mengisi waktu.

Untuk memulai usaha ini pun modal yang Anda perlukan hanya Zoom atau Google, dan tentunya materi yang ingin Anda sampaikan. Dengan mengadakan kelas online ini pun secara tidak langsung akan membuat Anda belajar lebih banyak, dan menambah koneksi Anda.

06. Bisnis Katering

Selanjutnya, peluang usaha yang menungtungkan di tahun 2021 adalah bisnis katering. Dengan semua kegiatan dilakukan dirumah, terlebih untuk keluarga yang tinggal di perkotaan, urusan memasak pun akan menjadi sulit. Sebagai solusinya, banyak orang mulai memanfaatkan katering untuk makanan sehari-hari yang menghemat waktu. Maka dari itu, di tahun 2021 Anda dapat memanfaatkan peluang ini.

07. Bisnis Design CV

Apabila anda memiliki keahlian dalam bidang design, maka bisnis ini sangat direkomendasikan untuk Anda. Pada tahun 2020, jumlah pekerja yang mencari pekerjaan meningkat hingga 3x lipat. Untuk mendapatkan pekerjaan tersebut, mereka pun membutuhkan CV. Maka dari itu, Anda dapat memanfaatkan situasi ini untuk mencari keuntungan.

08. Jasa Digital Marketing

Meskipun penggunaan media sosial dan penjualan bisnis online sangat meningkat, tidak jarang orang yang masih sulit dalam hal mempromosikan produknya. Akibatnya, masih banyak pelaku usaha yang akhirnya tidak berhasil dalam menjual produknya. Apabila Anda memiliki kemampuan dalam digital marketing, maka bisnis ini adalah peluang usaha yang menjanjikan untuk Anda di tahun 2021.

Itulah 8 peluang usaha yang menguntungkan di tahun 2021 yang dapat Anda coba. Namun, meskipun peluang-peluang tersebut memiliki modal yang kecil, Anda tidak boleh melupakan pencatatan keuangannya. Kenapa? karena dengan pencatatan keuangan yang baik, Anda dapat menentukan strategi pengembangan usaha Anda selanjutnya.

Baca Juga: Contoh dan Jenis-Jenis Laporan Keuangan Untuk UKM

Untuk dapat melakukan pencatatan keuangan usaha yang baik, Anda dapat menggunakan aplikasi pembukuan usaha Moodah. Moodah adalah aplikasi keuangan usaha gratis yang sudah meningkatkan profit 40.000 UKM di Indonesia hingga 125%. Dengan Moodah, Anda dapat melakukan pencatatan keuangan, membuat laporan keuangan otomatis, dan mengatur hutang piutang.

Bagaimana? peluang usaha apa yang kira-kira akan Anda jalankan?

Download Moodah Untuk Dapatkan Modal Usaha

Write A Comment