Saat ini penggunaan digital marketing merupakan cara yang paling terbaik untuk dilakukan oleh bisnis UMKM. Karena, biayanya yang murah tapi jangan terlalu tergiurkan dengan harganya yang murah karena membutuhkan sebuah proses yang tidak mudah juga loh. Apalagi di tengah pandemi seperti yang membatasi ruang gerak kita secara offline tentulanh online  jalan ninja yang tepat untuk bisnisn UMKM. Melalui teknologi dan digital marketing tidak menutup kemungkinan kita bisa mengekspansi bisnis kita hingga luar negeri. 

Simpan segala mimpi Anda dan mulailah buat perencanaan digital marketing yang tepat. 

Lalu kemampuan dan bagaimana caranya untuk melancarkan strategi ini? Simak ini terlebih dahulu yuk!

  1. Penggunaan Media Sosial 

Ini adalah yang paling simpel dan bisa Anda lakukan. Memang ini terlalu mudah tapi banyak sekali yang sering terjebak dalam pemilihan media sosial yang tepat. Jika, Anda mau cobalah untuk menaikkan kemampuan Anda dalam fotografi karena visual yang menarik tentunya akan membuat audiens Anda di media sosial pun tertarik untuk membeli. Karenanya hal ini menjadi sangat amat penting, kemudian selanjutnya adalah harus memiliki mindset bahwa audiens Anda adalah manusia jadi seringlah mengajak interaksi yang singkat dengan audiens Anda. Jangan sampai Anda menjadikan media sosial Anda hanya sebagai toko katalog saja, buatlah semenarik mungkin. 

  1. Penggunaan Marketplace untuk Rekening bersama 

Seringkali apalagi bagi Anda pemain pemula akan melakukan apapun untuk bisa mendapatkan konsumen. Tapi, suka terlupakan dalam membuat sebuah rekening bisnis hanya 1 saja. Penggunaan marketplace  sekarang menjadi salah satu channel marketing dengan semakin bertambahnya peluang marketing Anda tentunya jumlah penjualan meningkat. Apalagi marketplace memiliki fitur transaksi yang menerima rekening bersama ataupun menerima pembayaran melalui retail seperti Alfamart juga Indomaret. Hal ini tentunya memudahkan konsumen dan menaikkan penjualan Anda.

  1. Penggunaan Bio Link 

Pemasaran secara digital sudah berjalan tetapi channel marketing  yang Anda punya ini harus memiliki penghubung agar lebih memudahkan konsumen mengenal bisnis Anda. Inilah yang harus persiapkan ialah bio link contohnya sepert link.tree, msha, ataupun beacons dan masih banyak lagi yang lain. Penggunaan ini memudahkan Anda menghubungkan channel marketing. Misalnya, saat calon konsumen Anda sudah tertarik dengan produk Anda melalui sosial media kemudian ternyata dia ingin bertanya-tanya bisa langsung saja klik bio link yang tertera pada profil media sosial Anda kemudian langsung terhubung masuk ke Whatsapp Anda dan terjadilah transaksi. 

  1. Beriklan Untuk Mengenalkan Bisnismu

UMKM dulu akan sangat sulit melakukan promosi secara murah karena yang ada dulu hanyalah promosi secara konvensional dengan penyebaran pamflet atau barisan iklan pada koran. Tapi, sekarang dengan adanya pemasaran secara digital kita menargetkan mereka yang sudah memiliki teknologi dengan modal 10.000 Anda bisa melakukan iklan di media sosial atau mungkin marketplace. Padahal kalau dulu mungkin beriklan melalui koran membutuhkan ratusan ribu untuk orang bisa mengenal bisnis kita. Dan hal ini tidak bisa terlalu diukur, sedangkan pemasaran secara digital kita bisa menargetkan market yang tepat sesuai dengan bisnis kita. Kita juga menakar apakah konten yang telah kita buat menarik untuk audiens kita dan kemudian membeli produknya. Untuk mengiklankan ini ada baiknya Anda juga membuat perencanaan keuangan sehingga sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda

Itulah hal pemula yang bisa Anda lakukan dalam menjalankan bisnis UMKM secara digital. Tadi juga dibahas bahwa dalam melakukan strategi secara digital ini juga memerlukan perencanaan keuangan. Karena tentunya dapat memudahkan dan mengetahui keuntungan yang didapat dalam melakukan marketing secara digital ini. Perencanaan keuangan juga harus ditekuni dengan pencatatan keuangan yang tepat, hemat dan mudah. Solusinya sudah ada dengan mudah di tangan Anda tinggal download aplikasi MOODAH kemudian lakukan pencatatan dan buat perencanaan keuangan. Strategi lancar keuangan semakin untung dengan MOODAH

Author

Write A Comment