Sistem waralaba atau yang dikenal sebagai franchise saat ini sedang menjamur. Saat ini di Indonesia franchise sudah banyak di beberapa industri mulai dari properti hingga kuliner. Terutama di industri kuliner sebut saja merk-merk ternama seperti Shilin, Kopi Kenangan, Dum Dum Thai Tea, dan masih banyak lagi yang menawarkan bisnis model franchise ini. Tapi, sebenarnya apa sih yang disebut dengan bisnis franchise ini? Jadi, ​​franchise ialah bisnis yang mengikat sebuah kesepakatan dengan franchisor (orang atau badan yang megang sistem bisnis dan hak intelektual, brand, logo dan sistem operasi franchisee) dan penerima franchise atau yang dikenal dengan franchisee yang menerima sistem yang ditawarkan oleh franchisor. 

Karenanya, royalty fee juga harus dibayarkan franchisee kepada franchisor sesuai dengan apa yang sudah disepakati. Tapi, biasanya berapa ya jumlah yang disepakati? Sebenarnya ini tergantung dengan sistem yang ditawarkan oleh franchisor mencakup juga kelayakan suatu usaha. Tapi, untuk sewajarnya yang disepakati ialah 1-12%. Pasti yang dibayangkan adalah waduh apakah sepadan ya dengan apa yang kita dapatkan nanti? Untuk itu sekarang MOODAH jabarkan dulu nih keuntungan yang Anda dapatkan jika menjadi mengambil franchise. 

     1.  Resiko Relatif Rendah 

Dengan memakai sistem franchise tentu saja Anda mem Kamu bisa berbagi biaya dengan franchisor dengan risiko yang relatif rendah. Karena, tentunya franchisor ini telah memiliki nama dan target pasar. Sehingga, mengalami profit loss yang terlalu besar amat sangat kecil kemungkinannya. Kita hanya perlu mengembangkan dari sistem yang diberikan dan tentunya memiliki daya tarik dari yang kita tawarkan. 

     2. Menerima Manajerial Berkala 

Franchisor juga memiliki peran untuk mempertahankan nama brandnya di mata masyarakat. Brand ini bukan hanya sekedar pandangan tapi bagaimana sistem itu dapat juga tersampaikan melalui franchisee mereka. Karenanya, akan ada selalu inspeksi tentang kendala yang terjadi di lapangan.

3. Sistem yang sudah teruji 

Dengan menggunakan sistem yang diberikan oleh franchisor tentunya akan memudahkan Anda dalam menjalankan usaha. Bukan hanya itu saja dalam pemilihan lokasi pun franchisor juga akan membantu agar posisi lokasi bisnismu tidak bertabrakan pastinya juga menguntungkan. Hal ini pun bisa menekan biaya yang rendah namun produk dan sistem kamu sudah teruji. 

Saat ini peluang usaha untuk berkembang sangat banyak sekali jalannya. Tapi, ini kembali dengan bagaimana kita bisa membangun bisnis ini bisa bersinar tidak boleh asal dan hanya setengah-setengah kita harus fokus. Apalagi di tengah pandemi ini dibutuhkan mental yang kuat juga dalam menjalani sebuah bisnis. 

Kemampuan analisis Anda saat ini sangat diperlukan juga kreativitas Anda. Buat Anda yang saat ini menjalani bisnis juga harus memperhatikan waktu dan sistem apa yang tepat bagi bisnis. Teknologi sekarang sudah canggih dan maju hanya dalam sekali ketik Anda sudah mendapatkan yang dibutuhkan. Jangan lupa sebelum memulai bisnis perhatikan  juga ya perencanaan bisnis keuangan jangan sampai hal ini malah mematahkan bisnis kalian. Perencanaan keuangan juga harus disertai dengan pencatatan keuangan yang baik juga loh! Mau lebih mudah dan hemat? Sekarang catat transaksimu di aplikasi satu genggam yaitu MOODAH. Semakin untung pastinya dengan mencatat di MOODAH!

Author

Write A Comment