Saat ini karena keterbatasannya diri kita untuk keluar rumah tapi keadaan menuntut kita harus tetap produktif.  Agar kita  tetap bisa  berkarya walaupun di rumah saja, salah satu hal yang lazim dan lumrah dilakukan saat ini adalah dengan melakukan bisnis rumahan. Sejujurnya banyak sekali keuntungannya loh! Karena bisnis rumahan ini tentunya bisa kita pikirkan dengan modal seminim mungkin untuk mendapatkan profit sebanyak-banyaknya. Tapi, upaya kita untung menggapai profit ini pun juga harus besar dan jangan setengah-setengah ya. Saat usaha kita sedang baru saja memulai jangan pernah patah semangat karena usaha yang dilakukan masih kecil tapi tahukah Anda, bahwa pengusaha besar pun memulai bisnisnya juga dari 0. 

Setiap usaha akan melalui sebuah proses, dalam membuat proses yang sempurna dan dapat dikatakan bisa menguntungkan tentunya harus melewati kegagalan sehingga inovasi-inovasi terus dilakukan. Nah, buat Anda yang mau memulai bisnis rumahan simak artikel ini terlebih dahulu yuk!

  1. Memilih produk/jasa usaha 

Saat ini untuk bisnis rumahan sendiri banyak sekali ragam yang bisa Anda lakukan mulai dari hobi yang Anda sukai bisa berkembang jadi cuan. Hal ini memang banyak terjadi di lapangan bahkan sudah banyak yang malah menghasilkan uang. Ada baiknya juga lakukan riset kompetitor terlebih dahulu saat sudah tahu produk atau jasa yang ingin Anda tawarkan ke konsumen. Karena tentunya bisa menyusun strategi yang matang bagi kita. 

  1. Penyusunan Strategi Penjualan 

Seperti yang sudah dijelaskan jika Anda sudah mendapatkan produk atau jasa untuk bisnis Anda. Selanjutnya, adalah tentang cara strategi penjualan dan menemukan konsumen Anda. Membuat usaha sendiri sudah seperti mencair jodoh untuk menemukan konsumen Anda. Tadinya, mereka tentu belum kenal dengan produk Anda, lama-lama jadi tahu dan kemudian ingin membeli produk Anda. Hal ini juga dikembalikan juga dengan usaha Anda apakah ingin lama bertahan atau malah hanya sebentar saja. Jadi, pemikiran strategi penjualan yang matang sangat amat dibutuhkan loh! 

  1. Modal 

Dalam menjalankan bisnis keberanian itu penting tapi yang paling penting ialah modalnya. Tapi, kerap kali hal inilah yang menciutkan niat untuk membangun usaha karena kurangnya modal. Tapi, padahal modal sendiri kita bisa mulai bertahap untuk pelan-pelan maju, asalkan tujuan kita ada dengan usaha dan tekad maka usaha kita pun pasti bisa berjalan. Mengelola modal inilah yang kita perhitungkan adalah risikonya karena dengan manajemen risiko yang baik maka tentunya kita sudah memperhitungkan hal ini akan terjadi dan pemutaran modal pun tetap berjalan seperti apa yang diharapkan. 

  1. Mencatat Keuangan 

Tahukah Anda pencatatan keuangan menjadi salah satu poin penting dalam usaha? Iya, karena dengan pencatatan keuangan Anda bisa menilai bisnis berjalan dengan semestinya atau ada kendala dengan penurunan omset. Jika, ada kendala maka akan langsung ketahuan dalam catatan keuangan bisnis Anda. Biasakan juga mencatat dengan secara detail sehingga dapat mengambil langkah terbaik. 

  1. Fokus 

  Ini penting sekali, karena membangun bisnis itu perlu dedikasi tinggi dan tidak setengah-setengah. Jika kita sebagai owner tidak fokus maka dalam perjalanannya semangat membangun bisnis kita akan padam. Tidak semuanya dalam menjalankan bisnis itu akan mulus tapi kalau kita terus belajar dan fokus dengan produk atau jasa yang kita tawarkan tentunya akan menghasilkan hal yang baik pula 

Itulah tadi hal-hal yang harus Anda pahami selama merintis bisnis rumahan. Semoga membantu Anda untuk menentukan langkah ke depan akan seperti apa. Jangan lupa buatlah manajemen keuangan yang rapi sehingga mempermudah analisis bisnis Anda. Saat ini melakukan manajemen keuangan sudah semakin mudah dengan pencatatan keuangan yang hanya dalam satu genggaman, loh! Moodah aplikasi pencatatatn keuangan yang lengkap dengan laporan laba/rugi, info ongkir, pembuatan invoice sendiri hingga pencatatan laporan hutan juga ada. Sekarang, semakin mudah dan menghemat waktu dengan Moodah.

Author

Write A Comment