Saat Anda sudah memulai sebuah bisnis tentunya sudah mempersiapkan matang apa bagaimana strategi penjualan yang akan ada lakukan. Kemudian, Anda akan mulai memasuki penerimaan pesanan hingga sampai di tangan konsumen. Dalam hal ini sebenarnya kita harus paham bahwa dalam proses transaksi ini sudah terjadi alur pemasukan untuk keuangan bisnis Anda. Dalam hal ini sudah dipastikan kita harus memiliki manajemen keuangan yang mumpuni untuk membangun bisnis. Tapi, bagaimana cara manajemen keuangan untuk bisnis UMKM kita? Tetap di artikel ini untuk tahu secara rinci ya. 

  1. Pemisahan rekening pribadi dengan usaha 

Penting sekali untuk kita pelaku UMKM ataupun yang sedang merintis brand lokal  memisahkan rekening pribadi dengan usaha. Karena kalau disatukan akan memiliki kendala  dalam pembuatan laporan keuangan. Kemudian hal ini tentunya akan membingungkan juga. Ada baiknya melakukan pemisahan sehingga tidak tercampur dengan uang pribadi. Apalagi jika bisnis semakin berkembang dan sudah memasuki pajak, sudah sepatutnya kita juga memperhitungkan hal tersebut. 

  1. Membuat proyeksi keuangan 

Hal yang sangat penting dari cara mengatur keuangan dalam bisnis adalah dengan membuat proyeksi keuangan. Hal ini coba dibuat dengan rencana pesimis hingga optimis sehingga kelihatan bagaimana bisnis tersebut akan berjalan kedepannya.Bukan hanya itu saja ada baiknya juga dengan membuat pos-pos rencana pengeluaran untuk satu periode ke depan. Sehingga, sudah tahu pengeluaran fixed yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Hal ini juga mampu mengantisipasi kondisi-kondisi yang sangat amat tidak menentu ini.

  1. Melacak pinjaman pribadi untuk bisnis  

Pastinya dari kita ada sebuah mimpi untuk mendapatkan bisnis yang stabil dan juga semakin besar. Tentunya ada sebuah pinjaman untuk modal ekspansi bisnis kita tapi hal yang sering salah dilakukan adalah mencampurkannya dengan duit pribadi karena merasa bisnis tersebut adalah hak milik kita.Tapi, hal ini salah kita harus bisa lebih berpikir kembali kedepannya akan seperti bisnis kita apakah proyeksi kita sudah 85% tepat untuk melakukan sebuah pinjaman. 

  1. Mengembangkan usaha dari laba

Dengan fokus kita mengembangkan usaha dengan laba yang sudah dicapai tentu target ekspansi bisnis pun akan semakin besar ada baiknya kita memikirkan hal ini untuk kebaikan kedepannya. Sudah sepantasnya ekspansi bisnis ini diperhitungkan dari segi laba yang didapatkan karena sesuai dengan proyeksi perhitungan kita. 

Dari hal-hal tersebut yang telah dijelaskan mengatur keuangan sangat amat penting untuk UMKM karena masih belum stabil dan ingin selalu berkembang. Manajemen keuangan ini harus diselaraskan dengan pembuatan laporan keuangan yang rapi. Saat ini zaman sudah berkembang dengan teknologi canggih salah satunya adalah penggunaan smartphone. Sekarang semua sudah ada dalam aplikasi smartphone dalam satu genggaman kita sudah bisa membuat laporan keuangan tidak pelu repot lagi ngecek laporan harian dengan membuka laptop. Sekarang, Anda tinggal download dan cek aplikasi Moodah. Menghemat waktu Anda untuk membuat laporan laba/rugi, harian, neraca hingga cek ongkir loh. Semakin untung memang dengan aplikasi Moodah!

Author

Write A Comment