Dalam membangun sebuah bisnis aset yang sesungguhnya ialah karyawan. Dalam hal ini karyawan memiliki peran yang penting untuk menjalankan perencanaan bisnis. Terutama bagi kita yang baru saja melakukan ekspansi dalam usaha kita. Ada baiknya kita menjaga karyawan dengan sebaiknya untuk menjaga produktivitas mereka agar tetap terjaga sesuai dengan kegiatan yang sedang dilakukan. Tapi, bagaimana cara yang paling pantas untuk tetap menjaga performa bahkan bisa menaikkan produktivitas karyawan? Simak dulu yuk artikelnya

  1. Merancang Sistem dan Ruang Kerja Yang Kondusif

Dalam bekerja, karyawan memerlukan tempat yang sangat kondusif minimal dengan ruangan yang sudah memiliki AC sehingga mereka bisa bergerak dengan leluasa tanpa harus keringetan dalam bekerja. Selain itu, bisa juga disediakan tempat duduk yang sesuai atau kebutuhan laptop jika memang diperlukan dalam kegiatan bekerja sehingga segala kegiatan pekerjaan dapat terlaksana. Selain itu, juga memiliki sistem absen yang jelas ataupun SOP pekerjaan sehingga mereka tidak bingung dengan perkerjaan yang mereka kerjakan. 

  1. Ruang Kreativitas dan Inovasi Karyawan 

Untuk bisnis kita dapat berinovasi bukan hanya idealis kita saja yang dituangkan tapi dari karyawan kita yang menjalankan bisnis kita juga harus diberikan ruang gerak agar bisnis yang kita jalankan bisa berjalan. Opini mereka juga bisa meningkatkan kualitas bisnis kita juga mengimprovisasi layanan  yang kita berikan kepada konsumen. Ruang gerak ini bisa juga dengan meeting bersama antar divisi dengan menjabarkan ide-ide menarik yang ingin disampaikan atau bisa dijalankan sehingga lebih terarah dalam penyampaiannya. Selain itu, juga menambahkan fasilitas pengembangan skill akan sangat amat membantu loh. 

  1. Membuat sistem reward dan punishment 

Dari segi inovasi mereka berikan kepada kita pelaku bisnis, sudah semestinya kita juga menghargai segala bentuk peningkatan produktivitas yang mereka lakukan dengan memberikan sebuah reward  yang sesuai porsinya. Hal ini bukan hanya membangun koneksi tapi mereka menjadi lebih dihargai. Hal ini pun bisa memotivasi mereka untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan. Reward ini dapat berupa kenaikan gaji, penambahan bonus dan komisi atau kenaikan jabatan. Tapi, sebaliknya kita juga bisa mengevaluasi kinerja mereka kembali jika ada penurunan diberikan sebuah punishment yang sesuai misal pemotongan gaji atau cuit, surat peringatan, ataupun penambahan jatah lembur. 

  1. Melakukan Kegiatan Bersama 

  Bekerjasama dengan karyawan kita juga harus diiringi dengan bonding bersama sehingga hubungan kerja akan semakin rekat. Dalam hal ini kita harus coba membuat kegiatan bersama seperti aktivitas 17 Agustusan ataupun acara buka bersama dan halal bi halal. Sehingga, pengenalan karakter lebih dalam akan semakin terhubung loh. 

Itulah tadi beberapa tips yang bisa Anda lakukan sehingga menciptakan ruang kerja yang produktivitas bagi karyawan Anda. Saat ini sudah banyak sekali cara dalam manajemen sumber daya terutama segi karyawan. Tapi, yang jelas menunjang kebutuhan manajemen keuangan dan membawa keuntungan adalah Moodah. Aplikasi pencatatan keuangan yang sangat mudah didapatkan karena Anda bisa men-downloadnya via IOS ataupun Android. Anda sudha bisa cek ongkir, laporan laba/rugi, laporan harian, laporan neraca dan buat invoice sendiri bisa dengan mudah hanya dengan aplikasi MOODAH 

Author

Write A Comment