Memulai bisnis di masa pandemi bukanlah hal mudah. Keberanian yang tinggi dengan kemauan untuk terus maju menjadi salah satu kunci untuk Anda dalam menguatkan tekad. Karenanya saat ini sebelum menuju masuk kepada keputusan ada baiknya Anda meluruskan niat dan tekad Anda. Sudah itu mari kita bergulat bersama dalam keputusan-keputusan yang membuat Anda dengan pasti akan melangkah maju membuat sebuah bisnis. 

  1. Produk/ Jasa yang Akan ditawarkan 

Dalam hal ini bukanlah hal yang mudah ada yang bilang menjadi pebisnis yang sukses dengan berhasil menemukan kebutuhan atau bisnis yang senang untuk dikerjakan. Hal itu benar, tapi harus diberikan sebuah pondasi riset pasar yang benar karena dengan hal ini Anda pun bisa memutuskan masa depan juga langkah inovasi apa yang ingin Anda kembangkan. Bukan hal mudah tapi hal inilah yang bisa membuat Anda semakin maju dan percaya diri dalam membuat bisnis 

  1. Target Pasar 

Tentunya dengan riset produk/jasa yang Anda tawarkan ini juga didasari oleh target pasar. Sosok yang Anda tuju inilah yang menjadi pasar yang harus Anda pertahankan. Selain itu relevansi jasa/produk yang ditawarkan juga diharapkan bisa berdasarkan dengan hal ini tentunya ini bukan hal yang mudah. Pelan-pelan tapi Anda pasti bisa karena kembalikanlagi dengantekad Anda di awal dalam membuat bisnis. 

  1. Dimana Target Pasar Anda? 

Dalam menentukan dimana tentunya sudah masuk ke ranah marketing. Tentu hal ini juga masuk ke dalam bagaimana Anda menemukan produk/jasa dengan konsumennya. Peran Anda di sini seperti “mak comblang” benar-benar mencocokkan kriteria produk dengan pasar Anda. Selain itu, target pasar Anda ini biasanya berkumpul dimana, apakah online atau offline. Bertemu di dalam satu platform online kah? Contoh jika Anda memiliki bisnis kuliner dengan lokasi yang tidak terjangkau karena berada di jalan sempit ada baiknya gunakan jasa aplikasi delivery online sehingga Anda dengan mudah menemukan konsumen Anda. 

  1. Strategi Penjualan 

Hal ini paling sangat amat lumrah dilakukan oleh pebisnis karena tentunya sudah ada produk/jasa yang dipasarkan beserta, target pasar harus disusun strateginya. Tapi, eksekusi ini pun juga dilakukan dengan menggunakan forecast sehingga jangan sampai Anda merugi karena kurangnya perencanaan. Selain itu, Anda juga harus memulai persiapkan manajemen mungkin dengan bagaimana pencatatan keuangan. Sekarang, Anda juga bisa melakukan rekap keuangan hanya dalam satu genggaman. Dengan MOODAH! Anda bisa lihat dan rekap laporan harian hingga cek ongkir secara GRATIS dimana saja dalam satu genggaman dengan MOODAH. Bikin bisnis kamu semakin untung dengan MOODAH!

Author

Write A Comment