Dalam dunia bisnis, naik turunnya pemasukan sangatlah dinamis dan lumrah terjadi hal ini. Namun, dalam berbisnis kita harus mampu mengatur keuangan kas agar tetap berjalan semestinya. Pada dasarnya, yang disebut dengan laporan arus kas ialah yang  mencatat semua aktivitas finansial tentunya melibatkan kas perusahaan. Hal ini berbeda dengan laporan laba rugi yang hanya mencatat pendapatan dan pengeluaran dan neraca saldo yang fokus pada keseimbangan finansial perusahaan (aset, beban, dan ekuitas). Layaknya sebuah tim, laporan ini sangat melengkapi. 

Tapi apa saja sih yang harus dicatat dan mempengaruhi laporan kas yang menipis? Dalam pencatatan Laporan Arus Kas ada 3 jenis aktivitas yang tercatat yaitu, aktivitas operasional, aktivitas investasi dan aktivitas keuangan.  Berikut ialah penjelasannya: 

  1. Aktivitas Operasional 

Memiliki tujuan untuk mencatat berbagai aktivitas memproduksi atau menjual barang atau jasa dengan tujuan untuk menghasilkan kas bagi perusahaan. Hal yang sifatnya menyangkut operasional atau produksi sehari-hari akan tercatat pada laporan kas. Termasuk juga aktivitas peningkatan maupun penurunan jumlah utang atau piutang. Bisnis yang baik jika arus kas positif dari aktivitas operasional ini 

  1. Aktivitas Investasi 

Dalam hal ini merupakan laporan kas jangka panjang dan memiliki sifat strategis seperti ekspansi perusahaan. Biasanya dalam hal ini diperlukan perencanaan yang baik dan kuat sebelum melakukan investasi. Tentunya, aktivitas investasi ini digunakan untuk perencanaan masa mendatang berbeda dengan aktivitas operasional yang bertujuan untuk masa kini. Aktivitas investasi juga memerlukan dana yang besar sehingga akan sangat amat mempengaruhi arus kas untuk kedepannya. Hal ini tentunya tidaklah buruk selama masih bisa memanfaatkan kas dengan bijak. 

  1. Aktivitas Pendanaan

Dalam skema aktivitas ini secara umum ialah pendanaan investasi yang melibatkan pemilik dan kreditur sehingga berpengaruh pada jumlah dan komposisi modal juga pinjaman bank. Contoh aktivitas pendanaan ialah Anda melakukan pinjaman dengan cicilan jangka panjang seperti membeli ruko atau toko. Dengan laporan arus kas maka seharusnya terlihat bagaimana cara membagi dividen, menutupi aktivitas sehari-hari perusahaan dan membayar utang tepat waktu. Tentunya pendanaan seperti ini juga harus direncanakan sebaik mungkin. 
Itu tadi berbagai rangkaian aktivitas yang harus masuk dalam laporan uang kas Anda. Pengaruhnya yang begitu besar bagi perusahaan sehingga Anda harus dengan benar dan sejujurnya dalam melakukan pencatatan ini. Sekarang, Anda bisa melakukan sendiri atau memantau karyawan Anda dalam melakukan pencatatan dengan menggunakan aplikasi dalam satu genggaman. MOODAH ialah aplikasi yang pencatatan keuangan yang ingin memudahkan usahamu dan pencatatan kas hingga laba/rugi. Sekarang, semakin mudah pengecekan arus kas dalam satu genggaman dengan MOODAH.

Author

Write A Comment