Segala jenis usaha yang Anda kembangkan ada baiknya juga dipastikan dengan laporan kas yang baik. Pengelolaan arus kas yang bijak juga menghindari kerugian dan hutang yang membengkak. Laporan arus kas sendiri sudah memiliki aktivitas-aktivitas guna menunjang perusahaan akan semakin baik lagi di depan. Berikut ini merupakan 4 cara praktis untuk mengelola arus kas Anda.

  1. Mengukur Arus Kas 

Dalam membuat laporan arus kas yang baik dan rapi ada baiknya kita bisa melakukan pengukuran arus kas. Dengan melakukan proyeksi kas sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Pengelolaan arus kas memanglah tidak mudah untuk dibuat termasuk dalam pembayaran konsumen. Anda bisa memulainya dengan menyediakan kas dari awal periode dan buat perencanaan hingga penggunaan dana  Anda. Hal ini guna mengendalikan arus kas sesuai dengan porsinya masing-masing aktivitas bisnis. Proyeksi yang semakin akurat maka Anda sudah siap dengan krisis yang akan dihadapi di depan. 

  1. Pengelolaan Piutang Perusahaan 

Ini merupakan cara untuk mengubah barang mentah menjadi produk serta juga bisa mengubah inventaris menjadi piutang dan kas.Hal yang sering dilakukan adalah dengan memberikan diskon kepada konsumen jika dia mampu membayar di awal atau langsung membuang barang-barang yang telah kadaluarsa dan yang terpenting adalah pengiriman invoice juga termasuk dalam follow up customer yang terlambat membayar.Selain itu, ingatlah selalu mengendalikan jumlah utang perusahaan. Jangan sampai menghabiskan kas Anda pada aktivitas finansial yang tidak penting dan malah jadi menghamburkan uang saja. Kasus yang sering terjadi adalah pemilihan supplier yang berdasarkan harga dan kualitas. Terbuai dengan harga murha malah membuat rugi. Sebisa mungkin dikomunikasikan dengan kondisi arus kas Anda dengan pihak supplier

  1. Kendali Aktivitas Kas 

Pastikan Anda sudah bisa mengendalikan aktivitas kas Anda dengan baik. Bahwa setiap aktivitas arus kas tercatat dan membuat laporan dengan kredibilitasnya terjamin. Ingatlah bahwa laporan arus kas ini menjadi landasan bisnis Anda dalam membuat bisnis ataupun yang sedang berjalan. Kesalahan-kesalahan dalam laporan arus kas ini sangat berbahaya bagi perkembangan bisnis Anda. Karenanya, perlu sekali untuk melakukan kurasi dengan sistem pencatatan keuangan yang sudah terpercaya salah satunya dengan menggunakan aplikasi dalam satu genggaman MOODAH. Sekarang saatnya mulai melakukan pencatatan aplikasi hanya dalam satu genggaman dengan MOODAH. Dengan melakukan pengecekan secara berkala tentunya akan mampu mengantisipasi krisis-krisis di masa depan. Sekarang download dan lakukan pengelolaan arus kas Anda dengan baik! 

Author

Write A Comment