Dalam bisnis apapun pembukuan dan akuntansi tidak dapat dipisahkan selalu menjadi satu kesatuan padu yang tak terpisahkan. Hal ini menjadi sangat krusial karena membantu dalam membuat sebuah keputusan dan memahami sistem yang tepat bagi bisnis. Ada beberapa poin dasar yang bisa Anda terapkan. Berikut adalah caranya 

  • Pembukuan 

Saat terjadinya sebuah transaksi Anda harus benar-benar melakukan pencatatan transaksi yang masuk dengan modal yang dikeluarkan dan akan menemukan HPP yang cocok dalam mengeluarkan produk terbarunya. Pencatatan ketika ada pemasukan ini juga masuk dalam laporan harian. Ingin laporan harian Anda rapi dan tersistem otomatis secara mudah sekarang tinggal cek dalam satu aplikasi. Tentunya, selain itu Anda akan memiliki catatan internal transaksi bisnis Anda akan sangat membantu Anda dalam hal penentuan pembiayaan dan pengambilan keputusan di masa mendatang. Semakin untung dan hemat menggunakan aplikasi MOODAH. 

  • Persediaan 

Inventarisasi aset dan kewajiban haruslah dijaga teratur untuk keberlangsungan bisnis Anda. Proses ini menjadi sangat penting terutama untuk perusahaan atau bisnis UMKM yang baru saja dibangun. Jika Anda saat ini mengambil pinjaman atau meminjam uang, setiap pemberi pinjaman juga tentunya akan menilik hal ini lebih dalam. Apakah peminjaman dalam keadaan baik. Aktiva dan kewajiban juga menggambarkan bagaimana Anda membuat pendapatan Anda dan bagaimana Anda menghabiskan uang usaha Anda. 

  • Bertanggung jawab atas tagihan 

Sebisa mungkin pencatatan tagihan juga dilakukan secara reguler disesuaikan dengan bukti yang diberikan. Hal ini juga berlaku dengan pembayaran reguler yang harus dilakukan oleh konsumen. Biasakan pelanggan Anda sudah membayar kemudian menerima produknya. 

  • Monitor setiap transaksi secara teliti 

Hal ini merupakan tentunya memang harus benar-benar dilakukan terutama dalam pengeluaran bisnis sehari-hari atau aktivitas operasional. Hal ini memang sudah termasuk pada laporan arus kas. Alih-alih menghitung biaya setiap dua minggu untuk tujuan pembayaran gaji, fokuslah pada setiap hari atau setiap minggu.Hal ini dapat membantu Anda memiliki gagasan yang lebih baik bagaimana kondisi keuangan di setiap minggu dan berapa banyak uang yang Anda harus anggarkan di minggu mendatang.

Author

Write A Comment